Pengalaman Belajar Tata Rias Sebagai Acuan Wirausaha Mua Pada Mahasiswa Pendidikan Tari Universitas Lampung Angkatan 2020

Eni Sevia Sari, I Wayan Mustika, Susi Wendhaningsih

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengalaman belajar tata rias mahasiswa Pendidikan Tari angkatan 2020 Universitas Lampung yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam memulai usaha Makeup Artist (MUA). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen pengampu tata rias dan mahasiswa Pendidikan Tari 2020. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar tata rias pada mahasiswa Pendidikan Tari 2020 Universitas Lampung berperan penting sebagai dasar keterampilan dan motivasi untuk berwirausaha sebagai MUA. Pengalaman ini meliputi pembelajaran awal secara otodidak, penguasaan materi makeup di perkuliahan, dan praktek langsung, difokuskan pada makeup korektif yang dianggap paling diminati dalam jasa MUA. Seluruh mahasiswa mengalami proses belajar empat fase David Kolb untuk memperdalam keterampilan dan kepercayaan diri mereka, yaitu pengalaman konkret, refleksi, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa untuk membuka jasa MUA meliputi faktor internal seperti pendapatan, harga diri, dan perasaan senang, serta faktor eksternal seperti dukungan keluarga, lingkungan, pendidikan, dan peluang yang ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman belajar tata rias memberikan dasar yang kuat bagi mahasiswa dalam berwirausaha di bidang tata rias, dengan dukungan dari minat pribadi dan faktor lingkungan yang positif.

Kata Kunci: Pengalaman Belajar Tata Rias, Wirausaha MUA


Full Text:

PDF

References


Daryanti, Fitri., Adzan, N. K., & Lestari, G. A. M. D. (2023). Analisis Mata Kuliah Praktik Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 6(1), 17-32.

Irfannisa, Iffa. (2023). Analisis Hubungan Tujuan Intruksional, Pengalaman Belajar, Dan Hasil Belajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(3), 51–60

Juhrodin, Udin. (2022). Teori dan Gaya Belajar Eksperensial David Kolb. Academia.edu.

Saputra, Muhammad Deni. (2022). Perancangan Compact Workplace Untuk Makeup Artist. Penciptaan Perancangan ISI Yogyakarta

Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Somayana. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia. 1(3) 350-361.

Sukristiani, Dwi., Hayatunnufus., & Yuliana. (2014). Pengetahuan Tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah dan Riasan Pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik. Journal of Home Economics and Tourism. 7(3), 6.

Ulung, Gagas. (2013). How To Be Make-Up Artist. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.