PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TIK KELAS X DI SMA NEGERI 6 GORONTALO UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun
game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar pada materi Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Game edukasi berisi konten berupa materi TIK, tantangan permainan, dan quiz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (ADDIE) Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil pengujian kelayakan ahli media menunjukan presentase kelayakan sebesar 94,17% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar 91,4% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji kepraktisan menunjukan presentase sebesar 95,7% dengan kategori “sangat praktis”. Adapun uji efektifitas yang dilaksanakan oleh 29 siswa kelas X-4 memperoleh nilai rata-rata pre test 61,72 dengan kriteria “cukup”, dan nilai rata-rata post test sebesar 85,5 dengan kriteria “sangat baik”
Kata kunci: Game Edukasi, Android, ADDIE, TIK
Full Text:
PDFReferences
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1444
Fitriya, A. P., Rahmawati, N. D., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1516.
Ibrahim, F. F., Koniyo, M. H., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Inverted: Journal of Information Technology Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37905/inverted.v1i1.9299
Kobi, M. A., Koniyo, M. H., & Yusuf, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi IPA Sekolah Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education, 3(3), 172. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.21986
Nurfadhillah, S., Rizkiya, D. F., & Waro, K. (2021). Pengaplikasian Media Pembelajaran Visual Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3, 253–263.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.23960/%25x
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id