Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X

Masniyati Paulutu, Lillyan Hadjaratie, Bait Syaiful Rijal

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan design One Group Pretest Posttest yang dilakukan di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-A dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, didapat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) memberikan pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika kelas X di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara


Full Text:

PDF

References


Aji, T. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 340–350. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Gulo, P. (2023). Mahir Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Melalui Simulasi (M. Hidayat & Miskadi (eds.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray (M. Hidayat, Miskadi, & Y. Setiawan (eds.)).

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.

Kd Depi Dumaini, N., Studii Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Ketut Dibia, I. (2019). Depi Dumaini, I Made Suarjana, I Ketut Dibia (2019). Journal of Education, 3(2), 103–110.

Kurniawati, Y., Ngadimin, & Farhan, A. (2017). Hubungan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(2), 243–246.

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sdn Sindangsari Iii. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mayanti, F. (2015). Pengaruh model. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Melikhatun; Dr. Aman. (2017). Implementasi metode. 1, 41–52.

Mutiara, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi Belajar Kelas XI MAN 1 Pekanbaru. Repository Universitas Islam Riau. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/15312

Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Puastuti, D., Andewi, W., Anggreani, L., & Utami, B. H. S. (2021). Model-Model Pembelajaran (S. Abadi & M. Muslihudin (eds.)). CV. Adanu Abimata. https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_PEMBELAJARAN_Inovatif_dan_Efektif/tlYsEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+pembelajaran+adalah&printsec=frontcover

Purnama, K. J. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 343. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413

Putra, R. H., Sihombing, W. L., Kunci, K., Keaktifan, :, & Siswa, B. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan. 2(10), 1387–1397.

Qistiyah, W. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kerja Sama dan Minat Belajar Siswa Kelas X IPA di MA Al Amien Sabrang Ambulu … (Issue November 2021). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8445

Rofiqoh. (2020). Model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. 3(3), 2037–2042. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Siti Rahmadhani Siregar, Nur Ainun, & Alfi Syahrina. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 060950 Medan Labuhan. Jurnal Binagogik, 10(2), 33–45. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.484

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:ALFABETA

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia Islamika, 3(2), 184. https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1687

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Wasono, B. S. B. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa (Guepedia (ed.)).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F31484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id