Pengembangan Media Pembelajaran AR Menggunakan Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK 23 Maret Kotamobagu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran AR menggunakan digital Assemblr Edu pada mata pelajaran informatika dan mengetahui kelayakan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket menggunakan Skala Likert dengan melakukan validasi dan reliabilitas kelayakan instrumen penelitian mendapatkan hasil yang valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media menunjukkan persentase kelayakan sebesar 81% dengan kategori sangat layak, ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Pada tahap penyebaran media pembelajaran dilakukan uji coba pengguna yaitu siswa kelas X TKJ yang berjumlah 22 orang mendapatkan persentase kelayakan sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Maka kesimpulan hasil presentase kelayakan oleh ahli media, ahli materi dan uji coba pengguna media pembelajaran AR menggunakan digital Assemblr Edu dikategorikan sangat layak digunakan pada proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran informatika.
Kata kunci: Assemblr Edu, Media Pembelajaran AR, Pengembangan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F31438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id