Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lumio Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Saatiah Saatiah, Ahyar Ahyar, Nur Fitrianingsih

Abstract


This study aims to develop interactive learning media based on Lumio to incress the learning motivation of class X film students at SMK Negeri 1 Bolo. Limited infrastucture and conventional learning methods that are not in accordance with the characteristics of the digital generation are the bacghround of the research. The method used is research and development (R&D) with the ADDIE model which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection was done though observation, interviews, expet validation, and students questionnaires. The result showed that Lumio learning media was declared very feasible to use based on the validation of media and materialexperts, and effective in increasing student learning motivation. Lumio offers attractive visual displays and interactive features that require active student participation, creating a fun learning atmosphere. This research recommends integrating the use of interactive technology in learning practices to improve the quality of 21 st centuty education.


Kata kunci: Lumio, Media Pembelajaran, Motivasi Siswa


Full Text:

PDF

References


Adriani, & Dwitiyanti. (2024). Dalam Adeoye, B., et al. Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan model ADDIE pada materi Dampak Sosial Informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 7(1), 48-60. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti

Anafi, R., Nurhasanah, S., & Kurniawan, B. (2024). Desain Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Digital untuk Generasi Z. Jurnal Media Pembelajaran, 16(1), 32-40. https://journal.upi.edu/index.php/jmpd/article/view/76532

Antonius, R., Sari, K., % Leatari, N. (2023). Media Pembelajaran Interktif Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2),45-56.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jtp/article/view/60810

Aprianto, V., & Wahyudin, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran menggunakan media interaktif aplikasi Lectora Inspire untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Digital Transformation Technology (Digitech), 3(2), 643–653. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3191

Arifin, L, & Sari , R. (2020). Inovasi Media Pembelajaran dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edutech Journal, 7(2), 92-103. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/edutech/article/view/17332

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/170540/media-pembelajaran.html

Atiqah, S., Dharmayanti, W., & Nurcahyo, R. W. (2025). Pengembangan media pembelajaran Android pada materi dampak sosial informatika kelas X SMA Negeri 1 Anjongan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 7(1), 46–56. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti

Branch, R. M. (2019). Intructional Design: The ADDIE Approanch. New York; Springer. https://link.springer.com/book/10.1007/978-0-387-09506-6

Dapiokta, J., Sutiono, E., Wijaya, J, E., Vidianti, A., & Kuswanto, J. (2025). Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran TIK. 5(1), 279-288. https://journal.umkendari.ac.id/de code/article/view/1105

Honesty, F., Aswan, r., & Nurul, A. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Inovasi Pendidikan di SMK. Jurnal teknologi dan kejuruan, 6(1),56-64 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptk/article/view/29549

Husrizal Syah, Y., Lukman, S., & Azalia, R. (2021). Teknologi Digital dalam Mendukung Pembelajaran Siswa Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 99-108. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/35391

Kuswanto, A. (2022). Peran Smarrphone dalam Mendukung Pembalajaran Digital di Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi, 7(1), 33-47.https://journal.uny.ac.id/index.php/jpt/article/view/49053

Mas’ud, H., Suhada, S., Izah, N., Bouty, A. A., Pakaya, N., & Rijal, B. S. (2024). Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik komputer jaringan dan telekomunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.23960/jpvti

Pebriantika, S., Mulyani, H., & Ramadhan, F (2019). Keterbukaan dan partisipasi siswa dalam penggunaan Media Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(3), 201-209.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Pendidikan_Teknologi/article/view/5753

Prihthini, R. & Waton, D. (20021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2),77-85. https://ejournal.upi.edu/index.php/psped/article/view/35280

Purnama, ., dkk. (2024). Pengambangan Media Pembelajaran Berbasis Lumio pada Mata Pelajaran Manajeman Perkantoran di SMK. Jurnal Pendidikan, (2021), 55-69. https://journal.uny.ac.id/index.php/jp/article/view/60843

Putri, A., & Haryanto, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Interaktif pada Sekolah Menengah Kujuruan. Jurnal Inovasi Pendididkaan, 10(2), 87-94. https://journal.uny.ac.id/index.php/jip/article/view/46003

Rchmat, R., Mardiani, S., & Widodo, T. (2023). Pengembangan Konten Digital untuk Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Pembelajaran, 21(2), 60-70. https://journals.ums.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/44528

Rusmini, E., Aditya, A., & Wulandari, T. (2020). Media Pembelajaran Digital Berbasis Web: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Inovasi, 12(1), 48.-55. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPPD/article/view/32429

Sutiono, E., Wahyuni, D., & Hardiana, I. (2024). Implementasi Media Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan SMK, 18(2), 95-104. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/edukasi/article/view/15729

Sutrisno, A. (2022). Lumio Sebagai Media Pembelajaran Digital Interaktif. Jurnal Edukasi Digital, 9(1), 73-80. https://journal.esaunggul.ac.id/index.php/ed/article/view/5168

Yuliani, D. (2022). Penggunaan Media Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 14(3), 150-163. https://journal.uny.ac.id/index.php/jsp/article/view/47161

Zahrah, D. (2023). Pengaruh Evaluasi Model ADDIE terhadap Efektifitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 120-133. https://ejournal.upi.edu/index.php/jtp/article/view/60497




DOI: https://doi.org/10.23960/%25x

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id