Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi
Abstract
Minat Belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu menyajian media pembelajaran yang menarik dan juga inovatif bagi peserta didik, apalagi pada keadaan yang tidak biasa, yaitu kondisi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, dan sangat berpengaruh besar pada dunia pendidikan di negara Indonesia tercinta ini. Sistem Pembelajaran Jarak Jauhpun diselenggarakan, pembelajaran Daring (Dalam Jaringan), dan Luring (Luar Jaringan) di laksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan, tak terlepas Pendidikan Anak Usia Dini juga melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Kondisi seperti ini sangat mempengaruhi peserta didik, dikarenakan pembelajaran yang tidak biasa, dan berpengaruh terhadap minat belajar, dimana pembelajaran yang disajikan berbeda dengan biasanya, mereka belum mengerti apa yang sedang terjadi, sehingga menjadi permasalan tersendiri bagi guru dan pengelola lembaga. Pada kondisi seperti ini dibutuhkan guru yang cerdas juga kreatif untuk memilih berbagai metoda pembelajaran yang akan diberikan pada peserta didik, agar pembelajaran tidak membosankan dan dapat menarik perhatian anak, sehingga minat belajar anak timbul dan dengan suka hati mereka mengikuti pembelajaran yang diberikan. Penggunaan media pembelajaran audio visual salah satu solusi dari permasalahan yang diakibatkan kondisi pandemi covid -19 di Kelompok Bermain Cakra Buana, Penggunaan media audio visual menarik perhatian anak juga menstimulasi anak. setelah diberikan treatment menunjukan adanya kenaikan persentase setiap instrument, instrument wawancara naik sebesar 25,69% dan untuk persentase instrument penilaian naik sebesar 32%. Kenaikan persentase setiap instrument penelitian menunjukan bahwa H1 diterima, ini berarti adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar anak usia dini di Kelompok Bermain Cakra Buana Solokanjeruk Kabupaten Bandung.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Audio Visual, Minat Belajar, Pandemi
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, (2019) Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Perss
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.
Cahyo, (2011) Berbagai Cara Latihan Otak & Daya Ingat dengan menggunakan Audio Visual, Jogjakarta : Diva Press
Fatmawati, (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual terhadap minat belajr siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTS NU Ibtidaul Falah SAmirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018-2019, Skripsi IAIN Kudus.
Hamzah, (2012) Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid learning: alternatif model pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469.
Rohani, (2019) Media Pembelajaran, Diktat UIN Sumatera Utara.
Rohani, (2019) Media Pembelajaran, Diktat UIN Sumatera Utara.
Sagala, M. K., Suana, W., Andra, D., & Rinaldi, D. (2022). Pembelajaran Di Masa Pasca Pandemi Covid-19: Pemilihan Metode Pembelajaran Dan Kendala Yang Dihadapi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(2).
Sahara, (2017) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PAI Kelas X di SMAN 1 Campur Darat Tulungagung, Skripsi IAIN Tulungagung.
Sanne (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Berbantuan Aplikasi Kinemaster di kelas VII MTs-SA Madrasatul Quraniyah Batulayar Lombok Barat Tahun Ajaran 2019-2020, SKRIPSI Universitas Islam Negeri MATARAM.
Slameto, (2015) Belajar Dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Sugiono, (2015) Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA, cv
Sugiono, (2017) Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA, cv
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id