Impact of Learning Content in Youtube on the Attitude of Information Technology Education Students

Bayu Saputra, Afif Rahman Riyanda, Ghea Chandra Surawan

Abstract


This research aims to determine the impact of YouTube learning content on the attitudes of students of Information Technology Education in the Teaching and Education Faculty, University of Lampung, (PTI, FKIP Unila). This study uses a simple correlational method, consisting of variable X content on YouTube and Y student attitudes, as well as the strength and direction of both. The results of the study of PTI FKIP Unila student attitudes showed a strong relationship with the moment product value of 0.62, while attitude had a large influence with a determinant value of 37.0%. So that the overall value obtained is strong and a large positive influence

 

Keywords: Learning Content, YouTube, Students’ Attitute


DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202004


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Azwar,

Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Bajari,

Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

CNN Indonesia, 2020. 7 Mei 2020. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ 20190430140843-185-390824/youtube-catat-kenaikan-pengguna-gold-hingga-limakali-lipat

Eribka Ruthellia David, Mariam Sondakh Stefi, Harilama. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. e-journal acta diurnal. Vol. VI No. 1.

Fatty faiqah1, muh. Nadjib2, andi subhan amir. 2016. Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi Kareba. Vol 5no. 2 juli desember.

Haryadi Mujiyanto. 2019. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5; No. 1; Tahun 2019 Halaman 135-159 . Universitas garut

Jimi N. Mahameruaji, Lilis Puspitasari, Evi Rosfiantika, Detta Rahmawan. 2018. Bisnis Vlogging dalam Industri Media Digital di Indonesia. Jurnal ilmu komuniakasi. Volume 15, nomor 1, Juni 2018: 61-74.Universitas Padjadjaran

Littlejohn, s., & Foss, K. (2016) Teori Komunikasi, Edisi 9 Terj. Jakarta: Salemba Humanika Pelajar Offset.

Azwar S. 2011. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar Ristina Mirwanti & Aan Nuraeni, (2017). Pelatihan First Aid untuk Meningkatkan Sikap dan Pengetahuan Guru di Sekolah DasarVolume 1 No.2, Oktober 2017 Hlm. 84-90

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin dan Ibrahim. 2016. Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susetyo, Budi. 2014. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumadiria, A.S. Haris. 2014. Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id