Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Sainstifik Menggunakan Adobe Flash
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi Rangkaian Arus Searah yang sesuai dengan pendekatan sainstifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan menurut tahapan Borg and Gall. Desain media pembelajaran Adobe Flash menyajikan kompetensi, materi, simulasi, dan evaluasi yang sesuai dengan pendekatan sainstifik. Uji kelayakan produk meliputi uji kelayakan isi dan uji kelayakan konstruk dilakukan dengan dua orang ahli dalam bidang pendidikan fisika, serta uji keterbacaan dilakukan dengan lima orang siswa dan uji efektivitas dilakukan dengan 26 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di MA Negeri 2 Tulang Bawang Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 diperoleh hasil uji keterbacaan bahwa kualitas media pembelajaran interaktif dengan Adobe Flash sangat menarik, mudah, sangat bermanfaat, serta efektif yang ditunjukan dengan presentase ketuntasan 76,92% siswa lulus KKM. Adapun hasil uji kelayakan produk diperoleh skor hasil uji kelayakan isi 3,73 pada kualifikasi sangat valid dan hasil skor uji kelayakan konstruk 3,84 pada kualifikasi sangat valid.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif, Adobe flash, pendekatan sainstifik
Full Text:
PDFReferences
Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika pada Siswa RSBI: Studi Kasus di RSMABI se Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 1-10.
Maulidta, Hidayatul & Sukartiningsih, Wahyu. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kwlas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681-692.
Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Pranowo, G. 2011. Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi Offset.
Pujiriyanto. 2012. Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Rezeki, Sri. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fungsi Komposis dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 856-864.
Rusilowati, Ani. (2006). Profil Kesullitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pend. Fisika Indonesia, 4(2), 100-106.
Setia, M. O., Susanti, N., & Kurniawan, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Penerapannya. Jurnal Edufisika, 3(1), 55-67.
Setyono, Adi, Y., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika kelas VII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118-126.
Suyanto, E. & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka danKeterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Universitas Lampung, Bandar Lampung. Hlm 227-277.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id