RUMAH BELAJAR SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK DESA WIYONO PADA MASA PANDEMIK COVID-19
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Oleh Mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa selama Pandemi Covid 19. Kegiatan bimbingan belajar atau rumah belajar sangat membantu keterampilan belajar dimasa pandemi .pembelajaran yang dilaksanakan pada saat pandemi Covid19 saat ini menuntut guru untuk lebih aktif dan kreatif dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran atau mengadakan rumah belajar yang diadakan oleh mahasiswa, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PALS adalah salah satu metode pemberdayaan yang memiliki prinsip-prinsip: (1) A defined methodology and systemic learning process, yaitu proses pembelajaran yang metodik, komulatif partisipatif, dan sistematik, (2) Multiple perspectives, yaitu dalam pemberdayaan diutamakan pada pencapaian keragaman dan aksi-aksi yang beragam, (3) Group learning processes, yaitu pemecahan kompleksitas masalah dunia nyata dengan proses rekognisi melalui inkuiri kelompok dan interaksi, (4) Context specific, yaitu pendekatan penanganan masalah secara kontekstual, (5) Facilitating experts and stakeholders, yaitu pemanfaat pakar dan partisipasi masyarakat dalam aksi perbaikan kondisi masyarakat, (6) Leading to sustained action, yaitu penguatan . Bimbingan belajar atau pembelajaran dirumah dapat meningkatkan motiviasi pada siswa-siswi hal tersebut tentu dapat membantu belajar mengajar.
Kata kunci: Bimbingan belajar, motode PALS, Pandemik covid-19, motivasi belajar, hasil belajar.
ABSTRACT
This article aims to describe the efforts made by students in improving student learning outcomes during the Covid 19 Pandemic. Tutoring activities or learning houses are very helpful for learning skills during the pandemic. Learning carried out at the time of the Covid19 pandemic currently requires teachers to be more active and creative by utilizing social media as a learning medium or holding a learning house held by students. The research method used in this study is the PALS method, which is an empowerment method which has the following principles: (1) A defined methodology and systemic learning process, namely a methodic, participative, and systematic learning process, (2) Multiple perspectives, namely that empowerment is prioritized on achievement diversity and diverse actions, (3) Group learning processes, namely solving the complexity of real-world problems with the process of recognition through group inquiry and interaction, (4) Context specific, namely the contextual approach to handling problems, (5) Facilitating experts and stakeholders, namely expert users and community participation in action to improve the condition of society, (6) Leading to sustained action, namely strengthening. Tutoring or learning at home can increase motivation in students, this can certainly help teaching and learning..
Keywords: Covid-19 pandemic, Learning motivation, Learning outcomes, PALS method, Tutoring
Full Text:
PDFReferences
Ardiawan., dkk. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Jurnal Komunikasi. 1 (1).
Chambers, A. (2007). Accounthing Theory. Jakarta : Salemba Empat.
Darmayanti, N.W. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2).
Darmayanti, T. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan, 7(2), 120-127.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib. 8(1).
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 10 (1).
Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2019). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 22(4), 273-278.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Dunia Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1).
Maskun, M., Rusman, T., Suroto, S., & Rahmawati, F. (2020). Student perceptions of online learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(2), 67-73.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Islam. 2 (1).
Nurjanah, S., Supriyanto, A., & Kusumawardani, A. (2018). Pengaruh Metode Bermain Sambil Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-12.
Rusman, T., Maskun, M., & Suroto, S. (2021, March). Constraints to the application of online learning during the Covid-19 pandemic. In ICOPE 2020: Proceedings of the 2nd International Conference On Progressive Education (p. 219). European Alliance for Innovation.
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro. 6(2).
Tetep., dkk. (2019). Literasi Media Digital Siswa : Efek Pada Karakter Sosial. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Terbaru. ISSN : 2277-3878
Zaenal Abidin. (2006). Layanan Bimbingan Belajarsebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 11 (1). World Health Organization. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 70. WHO; 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.