PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT-ALAT PENGINDERAAN JAUH BAGI GURU-GURU GEOGRAFI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Lampung diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dan mutu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian FKIP Universitas Lampung yang berjumlah 4 orang dan diikuti oleh sebanyak 12 orang guru-guru geografi SMA Se Kota Bandarlampung. Berdasarkan pengamatan selama berlangsungnya kegiatan perhatian dan motivasi para peserta cukup tinggi yang dapat dilihat dari tingginya animo para peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Berdasarkan hasil evaluasi awal dan evaluasi akhir diperoleh hasil yaitu: (a) untuk bidang materi kognitif diperoleh peningkatan; yang memperoleh nilai baik yaitu dari 20 % menjadi 89,50 % dari seluruh peserta, (b) untuk bidang materi sikap diperoleh peningkatan; yang memperoleh nilai baik yaitu dari 25 % menjadi 100 % dari seluruh peserta, (c) untuk bidang keterampilan/ psikomotorik, sampai berakhirnya kegiatan ini belum dapat diketahui secara pasti karena perlu pemantauan di lapangan.
Kata Kunci: Alat Penginderaan Jauh, Guru Geografi
Full Text:
PDFReferences
Aprilliyanti, T., & Zainuddin, M. (2017). Pemetaan Potensi Kekeringan Lahan se-pulau Batam menggunakan Teknik Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh. Majalah Geografi Indonesia, 31(1), 91-94.
Burrough, P.A. 1996. Principles of Geographical Information System for Land Resources Assesment. Clarendon Press. Oxford.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.
Coşkun, Selim, Yaşanur Kayıkcı, and Eray Gençay. 2019. “Adapting Engineering Education to Industry 4.0 Vision.” Technologies 7, no. 1: 10. https://doi.org/10.3390/technologies7010010.
Davies, Randall S. 2011. “Understanding Technology Literacy: A Framework for Evaluating Educational Technology Integration.” TechTrends 55, no. 5: 45–52. https://doi.org/10.1007/s11528-011-0527-3.
Erol, Selim, Andreas Jäger, Philipp Hold, Karl Ott, and Wilfried Sihn. 2016. “Tangible Industry 4.0: A Scenario-Based Approach to Learning for the Future of Production.” Procedia CIRP 54: 13–18. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.03.162.
Experiences and the Active-Learning Experiences of Others.” CBE Life Sciences Education 16, no. 1: 1–14. https://doi.org/10.1187/cbe.16-05-0161.
Fuazi, A., & Amir, H. (2011). Pelatihan Penerapan Active Learning Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Fisika Di Kabupaten Pesisir Selatan.
Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757.
Hastuti, K. P., Arisanty, D., Muhaimin, M., & Setiawan, F. A. (2019). Pembinaan dan Pelatihan Strategi Pembelajaran pada Materi Penginderaan Jauh untuk Guru-Guru SMA Se-Kota Banjarmasin. Proceedings of Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy, 1(2), 85-91.
Hendarni, D., & Suwastono, A. (2016). Modul pelatihan guru mata pelajaran Geografi SMA kelompok kompetensi I (penginderaan jauh dan sistem informasi geografis, pengembangan pembelajaran).
Hermann, Mario, Tobias Pentek, and Boris Otto. 2016. “Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios.” Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences 2016-March: 3928–37. https://doi.org/10.1109/HICSS.2016.488.
Kagermann, Henning, Wolfgang Wahlster, and Johannes Helbig. 2013. “Securing the Future of German Manufacturing Industry: Recommendations for Implementing the Strategic Initiative INDUSTRIE 4.0.” Final Report of the Industrie 4.0 Working Group, no. April: 1–84.
Lase, Delipiter. 2019. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora Dan Kebudayaan 1, no. 1: 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18.
Li, Sisi, and Baocun Liu. 2019. “Joseph E. Aoun: Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence.” Higher Education 77, no. 4: 757–59. https://doi.org/10.1007/s10734-018-0289-3.
Maskun, M., Rusman, T., Suroto, S., & Rahmawati, F. (2020). Student Perceptions of Online Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(2), 67-73.
Müller, Bastian C., Carsten Reise, Bui Minh Duc, and Günther Seliger. 2016. “Simulation- Games for Learning Conducive Workplaces: A Case Study for Manual Assembly.” Procedia CIRP 40: 353–58. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.01.063.
Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 1: 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127.
Paravizo, Esdras, Omar Cheidde Chaim, Daniel Braatz, Bernd Muschard, and Henrique Rozenfeld. 2018. “Exploring Gamification to Support Manufacturing Education on Industry 4.0 as an Enabler for Innovation and Sustainability.” Procedia Manufacturing 21: 438–45. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.02.142.
Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. 2018. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri 13, no. 1: 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26.
Purnamasari, N. K. N., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Purnamawati, and Anas Arfandi. 2020. “Teachers Ability on Information and Communication Technology in Industry 4.0 Era” 481, no. Icest 2019: 161–64. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201027.034.
Puspitasari, Euis. 2016. “Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3, no. 1: 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324.
Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. 2018. “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0.” Jurnal Tatsqif 16, no. 1: 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.
Qian, Meihua, and Karen R. Clark. 2016. “Game-Based Learning and 21st Century Skills: A Review of Recent Research.” Computers in Human Behavior 63: 50–58. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.023.
Raharjo, Sabar Budi. 2013. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 16, no. 2: 511–32. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129.
Ridhwan, R., & Sari, R. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Penginderaan Jauh. Jurnal Samudra Geografi, 5(2), 90-98.
Roeder, Ina, Mustafa Severengiz, Rainer Stark, and Günther Seliger. 2017. “Open Educational Resources as a Driver for Manufacturing-Related Education for Learning of Sustainable Development.” Procedia Manufacturing 8, no. December: 81–88. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.02.010.
Rumaal, L. A., Tanesib, J. L., & Tarigan, J. (2018). Aplikasi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Pemetaan Daerah Berpotensi Tsunami di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Fisika: Fisika Sains dan Aplikasinya, 3(2), 170-178.
Rusman, T., Maskun, M., & Suroto, S. (2021). Constraints to the Application of Online Learning during the Covid-19 Pandemic.
Salshabella, D. C., Pujiati, P., & Rahmawati, F. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pemebelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 35-43.
Schlechtendahl, Jan, Matthias Keinert, Felix Kretschmer, Armin Lechler, and Alexander Verl. 2014. “Making Existing Production Systems Industry 4.0-Ready: Holistic Approach to the Integration of Existing Production Systems in Industry 4.0 Environments.” Production Engineering 9, no. 1: 143–48. https://doi.org/10.1007/s11740-014-0586-3.
Situmorang, Hasianna Nopina, Saut Purba, and Manihar Situmorang. 2020. “Learning Innovations During the Pandemic COVID-19 for Teaching of Automotive Industrial Management” 488, no. Aisteel: 261–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.055.
Stock, T., and G. Seliger. 2016. “Opportunities of Sustainable Manufacturing in Industry 4.0.” Procedia CIRP 40, no. Icc: 536–41. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.01.129.
Sukojo, B. M., & Kustarto, H. (2010). Perbaikan geometrik trase jaringan jalan dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Makara Journal of Science.
Sundari, S., Wanto, A., & Gunawan, I. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa).
Suroto, M., Susilaningsih, M., & Harini, M. (2017, October). Toward Successful Career Of Vocational Education Students Through Improving Business Communication Skills. In International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017) (pp. 936- 941). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.107
Suroto, S., Rizal, Y., Rahmawati, R., & Hestiningtyas, W. (2019). Kebutuhan Media Pembelajaran Mahasiswa: Analisis Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(2), 74-83.
Sutanto, 1994. Penginderaan Jauh Jilid II. Fakultas Geografi UGM. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Tjandrawinata, Raymond. 2016. “Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan Dan Bioteknologi,” no. February. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404.
Utami, Indah, & Ayu, Gusti. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di SMA Negeri 2 Banjar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Wanyama, Tom, Ishwar Singh, and Dan Centea. 2018. “A Practical Approach to Teaching Industry 4.0 Technologies.” Lecture Notes in Networks and Systems 22: 794–808. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64352-6_74.
Widodo, Heri. 2016. “Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea).” Cendekia: Journal of Education and Society 13, no. 2: 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.
Zhang, Youliang, Tongjie Chen, and Chao Wang. 2020. Factors Influencing Students’ Willingness to Choose Blended Learning in Higher Education. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics). Vol. 12218 LNCS. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030- 51968-1_24.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.