PELATIHAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Siti Hodijah, Zusuf Amien, Muhammad Nurwahidin, Riswandi Riswandi

Abstract


Proses belajar mengajar yang terjadi saat ini belum banyak guru yang menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan siswa melakukan proses belajar dan pembelajaran. Strategi yang paling sering dilakukan guru untuk mengaktifkan peserta didik adalah dengan melibatkan peserta didik dalam diskusi dengan seluruh kelas, yaitu interaksi bergantian dengan guru. Matematika merupakan disiplin ilmu berdiri sendiri dalam mempelajari hal yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran.  Matematika merupakan salah satu pengetahuan tertua dan dianggap sebagai induk atau alat dan bahasa dasar banyak ilmu. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama di tingkat SDN Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan yaitu metode systematic literature review (SLR) dipakai pada kaji ini. Semua artikel dan dokumentasi yang relevan dipakai pada proses pengumpulan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Guru professional merupakan guru yang mampu mengembangkan pembelajaran didalam kelas, dengan menggunakan metode-meotde pembelajaran tentunya guru dapat berinovasi dan berkreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik, dan pembelajaran tersebut dapat bermanfaat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik,  discovery learning merupakan salah satu metode yang dapat dikembangkan oleh peserta didik dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Lubis, S. (2020). Penerapan Discovery Learning dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 366–378. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.136

Mawaddah, N., Suyitno, H., & Kartono, K. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 10–17.

Mulyati, B., Idmi, I., & Arfiyanah, S. (2018). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.47080/progress.v1i1.130

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Puspitasari, Yesi & Nurhayati, S. (2019). 済無No Title No Title No Title. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa, 91–106.

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110

Tari, N., & Safitri, N. P. D. (2020). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek bagi Mahasiswa Kursus Jurusan Akomodasi di Akademi Komunitas MAPINDO Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(2), 113. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v3i2.58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia