Template
Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Digital Menggunakan Aplikasi Heyzine
Abstract
Advances in technology and information in the world of education provide opportunities for the development of digital learning modules. Digital learning modules are used as an interesting and interactive learning media for students. Skills in compiling digital learning modules need to be trained for students, especially prospective educators in the future. On the other hand, access to the preparation of contextual digital learning modules is still very limited. In order to overcome these potentials and problems, training has been carried out in preparing digital learning modules using the Heyzine application through the Community Service program. This training is aimed to increase skills for prospective teacher students, especially biology education, in compiling digital learning modules. The method used consists of Planning, Organizing, Actuating, Controlling and Evaluating. The results of the training have helped prospective teacher students improve their skills in compiling digital modules and provided opportunities for students to be creative in designing other digital learning media.
Keywords: digital learning modules; heyzine; training
Abstrak
Kemajuan teknologi dan informasi di dunia pendidikan memberi peluang pada pengembangan modul pembelajaran digital. Modul pembelajaran digital dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi peserta didik. Keterampilan menyusun modul pembelajaran digital perlu dilatih untuk mahasiswa khususnya calon pendidik di masa mendatang. Di sisi lain, akses dalam penyusunan modul pembelajaran digital yang kontekstual masih sangat terbatas. Dalam rangka mengatasi potensi dan masalah tersebut, telah dilakukan pelatihan penyusunan modul pembelajaran digital menggunakan aplikasi Heyzine melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan kepada mahasiswa calon guru khususnya pendidikan biologi dalam menyusun modul pembelajaran digital. Metode yang dilakukan terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan Evaluating. Hasil dari pelatihan telah membantu mahasiswa calon guru dalam meningkatkan keterampilan menyusun modul digital serta memberikan peluang bagi mahasiswa untuk berkreativitas dalam merancang media pembelajaran digital lainnya.
Kata Kunci: heyzine; modul pembelajaran digital; pelatihan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alenezi, M. (2023). Digital learning and digital institution in higher education. Education Sciences, 13(1), 88.
Bachri, B. S., & Arianto, F. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Kewargaan Digital untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Di SMK Pembangunan Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan e-modul strategi pembelajaran Sejarah dalam upaya peningkatan literasi digital mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84-96.
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284-291.
Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook guna Mendukung Pembelajaran Daring di Era Digital. Prosiding Amal Insani Foundation. Vol 4 (182-189).
Khomaria, I.N. dan Puspita, D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 (1349-1358).
Muljo, A., Anggreni, F., & Maulida, S.(2024). Pengembangan E-Modul Persamaan Lingkaran Kelas XI MA dengan Menggunakan Aplikasi Heyzine. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(1), 113-121.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurnisa. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa. Makassar.
Prasetya, D.D. (2015). Kesiapan Pembelajaran Berbasis buku Digital. Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan. Vol 24.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspketif Rancangan Penelitian. Ar-ruzz Media.
Saraswati, R.R., Makmuri dan Salsabila, E. (2021). Pengembangan LKPD Digital Berbasis HOTS pada Materi Dimensi Tiga. Risenologi. Vol 6(2), 17-25.
Suarsana, M dan Mahayukti, G.A. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 02 (02).
Susilana, R dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Wiyani, N.A. (2021). Dasar-Dasar dan Teori Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453