PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA
Abstract
This research aimed to develop interactive e-book anddescribe the responses of teachers and students to interactive e-book developed. The implementation phase of the research was started from need assessment carried out in the Metro city, design and development of interactive e-book products which was developed. Then, the limited test was done at SMA Negeri 1Belitang. Based on the expert validation results, it obtained that the percentages of interactive e-book on aspects of contents suitability with the curriculum,legibility, and construction were 86%; 97.33%; and 100%, respectively. Thepercentages of teachers responses on the aspects of the content suitability of thetest with the curriculum and the graphics were 94% and 92%, respectively,while the students' responses on the aspects of legibility was equal to 89.09%.Based on the result, the interactive e-book on the thermochemical material basedon chemical representation was prospered to be used as learning sources.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dan mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif yang dikembangkan. Tahap pelaksanaan penelitian ini dimulai dari analisis kebutuhan yang dilaksanakan di kota Metro, perancangan dan pengembangan produk e-book. Kemudian dilakukan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase e-book interaktif pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, keterbacaan, dan konstruksi sebesar 86%; 97,33%; dan 100% dengan kriteria sangat baik. Persentase tanggapan guru pada aspek uji kesesuaian isi dengan kurikulum dan grafika adalah sebesar 94% dan 92%, sedangkan respon siswa pada aspek keterbacaan adalah sebesar 89,09% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, e-book interaktif pada materi termokimia berbasis representasi kimia layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: e-book interaktif, representasi kimia, termokimia
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Chittleborough, G. D. and Treagust D.F. 2007.The modeling ability of non-major chemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chem. Educ. Res. Prac., 8 : 274-292.
Chittleborough, G.D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Mental Models of Chemical Phenomena. Doctoral Thesis (unpubished). Science and Mathematics Education Centre.
Eskawati, S.Y. dan Sanjaya, I.G.M. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2): 50-53.
Harnanto, A. dan Ruminten. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Imani, A.K.N. dan Sanjaya, I.G.M. 2012.Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Unsur Kelas XII. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2): 8-9
Kalsum, S., Devi, P.K., Masmiani, dan Syahrul, H. 2009. Kimia 2 Kelas XI SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kurniawati, D. 2011.Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI. Skripsi(tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munir. 2008. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nguyen, N.G. 2015. Designing and Using Interactive e-book in Vietnam. Inter. J. Learn. Teach. Educ. Res., 11 (1): 75 98.
Restiyowati, I. dan Sanjaya, I.G.M. 2012.Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA.Unesa Journal of Chemical Education, 1(2) : 130-135
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sunarya, Y., dan Setiabudi, A. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sunyono. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi (Model SiMaYang). Bandarlampung: AURA Printing dan Publishing.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widodo, T.A. 1993. Tingkat Keterbacaan Teks: Suatu Evaluasi Terhadap Buku Teks Ilmu Kimia Kelas 1 Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Jakarta: IKIP Jakarta.
Zhang, D. 2005. Interactive Multimedia-Best E-Learning: A Study of Effectiveness. Am. J. Discover. Educ, 19(3): 149-162.
Refbacks
- There are currently no refbacks.