MODEL PLGI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan pada materi larutan elektrolit non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Karang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X3 dan X8. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran PLGI diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,40 dan 0,57 dan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masingmasing 0,70 dan 0,79. Hal ini menunjukkan bahwa model PLGI efektif pada materi larutan elektrolit non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan.
Kata kunci: elektrolit non-elektrolit, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, model PLGI.
Full Text:
PDFReferences
Ibrahim. 2002. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita
Sudjana, N. 2005.Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: kansius
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.
Yustika, W. 2011. Pengaruh Penerapan Tutor Sebaya Pada Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Subkonsep Sistem Pernapasan Hewan. Skripsi. Diakses tanggal 14 Maret 2014 dari http://repository.upi.edu/ operator/upload/s bio_0807600.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.