MODEL PLGI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN

Elia Rahmah, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research is aimed to describe the effectiveness of PLGI learning model on electrolyte non-electrolyte solution in improving conclude skill and comunicating skills. The population in this study was all students of class X in Islamic Senior High School 2 Tanjung Karang in 2013-2014 year. Sampling use purposive sampling technique and obtained class X3 and X8 as sample. This is a quasi-experimental research using Non Eqiuvalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Effectiveness of learning with PLGI was measured based on improvements n-Gain significant. The results of this research showed that average value of n-Gain comunicating of skills in experiment class and control class are 0,40 and 0,57 and the average value of n-Gain of conclude skills  in experiment class and control class are 0,70 and 0,79. This research showed that the PLGI learning model of electrolyte non-electrolyte solution material is effective in improving the communicating skills and conclude skills students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan pada materi larutan elektrolit non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Karang Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013-2014.  Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X3 dan X8. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran PLGI diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,40 dan 0,57  dan rata-rata  n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masingmasing 0,70 dan 0,79. Hal ini menunjukkan bahwa model PLGI efektif pada materi larutan elektrolit non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan.

 

Kata kunci: elektrolit non-elektrolit, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, model PLGI.


Full Text:

PDF

References


Ibrahim. 2002. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita

Sudjana, N. 2005.Metode Statistika. Bandung : PT.Tarsito.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: kansius

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.

Yustika, W. 2011. Pengaruh Penerapan Tutor Sebaya Pada Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Subkonsep Sistem Pernapasan Hewan. Skripsi. Diakses tanggal 14 Maret 2014 dari http://repository.upi.edu/ operator/upload/s bio_0807600.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.