PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA REAKSI REDOKS
Abstract
The aim of this research was to describe the effectiveness of problem solving learning to increase students’ fluency thinking ability through redox reactions material. This research used Non Equivalent Control Group Design. The sampling technique was using purposive sampling. Population of the research was tenth grade student’s of SMA Negeri 3 Bandar Lampung at second semester in the 2013/ 2014 year, the sample were, X science 1 and X science 2. The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes. The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,70 and 0,45. Based on hyphothesis testing, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase students’ fluency thinking ability through redox reactions material.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah kelas X IPA1 dan kelas X IPA2. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir lancar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,70 dan 0,45. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi reaksi redoks.
Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, pembelajaran problem solving, reaksi redoks
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arends,R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, S.C.U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Syafriany, S. 2013. Upaya Meningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.
Tim Penyusun Kurikulum 2013. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatnif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Belajar Matematika Dengan Mengunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Siswa Kelas VIID SMPN 2. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.