PEMBELAJARAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangunrejo semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,2462 dan 0,5165. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi kesetimbangan kimia.
Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir lancar, pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Gabel, D. L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.
Ikaningrum, M. N. N. dan Togu G. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.
Mexico dan Regina T.P. 2013. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Inquiry terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.
Munandar, S. C. U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Munandar, S. C. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Intima.
Tim Penyusun. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
__________. 2013b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.