PENGEMBANGAN BUKU AJAR REAKSI REDOKS BERBASIS REPRESENTASI KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar reaksi redoks berbasis representasi kimia, serta mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan, dan mengetahui kendala-kendala yang ditemui ketika mengembangkan buku ajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Berdasarkan tanggapan guru terhadap produk yang dikembangkan diperoleh data bahwa kesesuaian isi buku ajar dengan kurikulum sangat tinggi 93,75%, dan aspek grafika/kemenarikan buku ajar sangat tinggi 92,00% dan tanggapan siswa mengenai tingkat keterbacaan buku ajar reaksi redoks yang dikembangkan ini sangat tinggi80,58%.Berdasarkan hasil uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar reaksi redoks berbasis representasi kimia yang dikembangkan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan guru dan siswa yang merespon sangat baik pada buku ajar yang dikembangkan.
Kata kunci: buku ajar, reaksi redoks, representasi kimia
Full Text:
UntitledReferences
Arifin, S. & Kusrianto A. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Grasindo. Jakarta
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.
Borg, W.R. and M. D. Gall. 2003. Educational Research. Allyn and Bacon. United States of America.
Chittleborough, G. D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing students’ Metal Models of Chemical Phenomena. Curtin University of Technology.
Chittleborough, G. D. & Treagust D.F. 2006. The modeling ability of non-major chemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8:274-292.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Depdiknas. Jakarta.
Greene & Petty. 1981. Developing Language Skill in the Elementary Schools. Boston: Alyn and Bacon Inc.
Herawati, A.N. 2011. Pengembangan bahan ajar pada pokok bahasan larutan. Journal. MIPA UPI. Bandung.
Nastiti, R.D. 2013. Pengembangan modul laju reaksi berbasis multiple representasi kimia. Journal. PMIPA- UNILA. Bandar Lampung.
Oktaviani, E. 2013. Pengembangan modul asam-basa berbasis multiple Representasi Kimia. Journal. PMIPA-UNILA. Bandar Lampung.
Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakary.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Treagust, D. F. 2008. The Role of Multiple Representations in Learning Science: Enhancing Students’ Conceptual Understanding and Motivation. In Yew-Jin And Aik-Ling (Eds).Science Education At The Nexus Of Theory And Practice. Sense Publishers. p. 7-23.
Refbacks
- There are currently no refbacks.