PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING
Abstract
This research aimed to describe the guided inquiry model that are effective in improving the originality thinking skill in the subject of colloid. The samples of this research were the students of SMAN 7 Bandar Lampung class XI IPA2 and XI IPA3 at even semester year of 2012-2013. This research used quasi experiment method by non equivalent control group design. Effectiveness of guided inquiry learning model measured based on significant n-Gain difference between control class and experiment class. The result of this research showed the average of originality thinking skill n-Gain for control class and experimental class were 0,52 and 0,60. Based on the hypothesis testing, it was concluded that the guided inquiry learning model effective in improving originality thinking skill on colloid subject.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi koloid. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 7 Bandar Lampung kelas XI IPA2dan XI IPA3 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas model inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan berpikir orisinil untuk kelas kontrol dan eksperimen yaitu 0,52 dan 0,60. Berdasarkan pengujian hipotesis, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi koloid.
Kata kunci: berpikir orisinil,inkuiri terbimbing, koloid.
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.
Evans, J. R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.
Fathur, Rohim, Susanto, H. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Diakses tanggal 8 Juni 2013 dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Filsaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategies, Australia: social science press. Diakses tanggal 13 Juni 2013 dari http://217quiz1pdfs.wikispaces.com/file/view/Killen+teaching+strategies.pdf
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta.
Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Sohibi, Siswanto. 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal. Universitas Negeri Semarang. Diakses tanggal 13 September 2013 dari http://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/upej
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.
Wicaksono. 2008. Efektivitas pembelajaran. Diakses tanggal 8 Juni 2013 dari http.Edukasi.kompas.com/2010/12/ 25/efektivitas/pembelajaran.html.
Refbacks
- There are currently no refbacks.