PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA MELALUI INKUIRI TERBIMBING
Abstract
This research aimed to describe the guided inquiri model that are effective in improving the conclude and communication skill. This research using a quasi-experimental methods with Non Equivalent Control Group Design. The sampling technique used purposive sampling technique. The sample in this research is students of State Senior High School Perintis 1 Bandar Lampung and obtained XI IPA3 and XI IPA4 class in even semester of school year 2012-2013 that have similar characteristics. Effectiveness of guided inquiri model measured on the difference and the improvement of a significant n-Gain. The results showed the average value of n-Gain conclude skill for experiment class and control class are 0.54 and 0.34, and the average value of n-Gain communication skill for experiment class and control class are 059. and 0.41. Based on the research results, it was conclude that the guided inquiri model effective in improving conclude dan communicate skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang memiliki kesamaan karakteristik. Efektivitas model inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,54 dan 0,34; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,41. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, mengkomunikasikan, menyimpulkan
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Marlinda, Mila. 2012. Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh Dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi- (siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Gading Rejo). Universitas Lampung. Bandar Lampung
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. 1993. Metode Penelitian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.