EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID

Kadek Yuliya Dewi Astuti, Nina Kadaritna, Tasviri Efkar

Abstract


This aimed of research was to describe the effectiveness of learning cycle 6E model to improve predicting skills and mastery of concept koloid.  Quasi experimental method was used in this research, with Non-Equivalent Control Group Design.  The population of this research was students of XI science SMA YP Unila Bandar Lampung, with XI science 2 class and XI science 4 class as samples.  The effectiveness of learning cycle 6E model was measured based on the difference of a significant N-gain and t test.  The results show that mean value of N-gain prediction skills in control class and experimental class were 0.56 and 0.65; and mean value of N-gain mastery of concept in control class and experimental class were 0.58 and 0.73.  Based on t test, it was concluded that learning cycle 6E model could increase prediction skills and mastery of concept koloid.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model learning cycle 6E dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid.  Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group DesignPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel.  Efektivitas model learning cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan eksperimen yaitu 0,56 dan 0,65; serta rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,58 dan 0,73.  Berdasarkan uji t, didapat kesimpulan bahwa model learning cycle 6E dapat meningkatkan keterampilan prediksi dan penguasaan konsep koloid.

Kata kunci: keterampilan prediksi, model learning cycle 6E, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Depdiknas. Jakarta.

Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches Thousand Oaks London New. New Delhi. Sage Publications.

Dimyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fajaroh, F. , Dasna, I Wayan. 6 Januari 2008. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Diakses 15 Maret 2013(online)

Siregar, A. Pengaruh Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 6E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.