ANALISIS KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menjawab pertanyaan apa alasan utama anda dan mengapa pada materi koloid menggunakan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one-shot case study, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menjawab pertanyaan apa alasan utama anda, untuk kelompok tinggi, 60% berkriteria sangat baik, dan 40% baik; kelompok sedang, 15% berkriteria sangat baik, 40% baik, dan 45% cukup; kelompok rendah, 10% berkriteria baik, 60% cukup, dan 30% kurang. Kemampuan menjawab pertanyaan mengapa, untuk kelompok tinggi, 60% berkriteria sangat baik, dan 40% baik; kelompok sedang, 15% berkriteria sangat baik, 45% baik, dan 40% cukup; kelompok rendah, 40% berkriteria baik dan 60% cukup.
Kata kunci: kemampuan menjawab pertanyaan apa alasan utama anda, menjawab pertanyaan mengapa, problem solving.
Full Text:
PDFReferences
Aeniah, R. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Model Problem Solving. Skripsi. Diakses pada tanggal 28 November 2012 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_kim_0807110.pdf
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah . BSNP. Jakarta.
Costa, A.L. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD. Alexandria.
Ennis, R. 1989. Evaluating Critical Thinking. Midwest Publications. California
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Nessinta, N. 2009. Penerapan Metode Problem Solving Pada Materi Pokok Asam Basa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA 10 Bandar Lampung (Skripsi PTK). Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak dipublikasikan.
Purlistyani, Ika. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Koloid dengan Metode Discovery-Inquiry. Skripsi. Diakses tanggal 14 Maret 2013 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_kim_0807600.pdf
Setiowati. 2013. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA RSBI. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak dipublikasikan.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. London: Allymand Bacon.
Wahyuni, S. 2011. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal. Universitas Terbuka. Diakses tanggal 13 Juni 2013 dari http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fmipa201146.pd
Refbacks
- There are currently no refbacks.