PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Fitria Yuliza, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the application of problem solving learning model in analyzing skill classifying and concept mastery for students cognitive groups of high, intermediate and low level group.  The subjects were students of class X1 IPA 3 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013.  This research used the pre-experimental method  with a one-shot case study design.  It was a descriptive research. The results showed skills group in high level group 87.5% were excellent and 12.50% were good; in the intermediate level group,34.78% were excellent  and 64.22% were good; in the low level group 14.29% were excellent, 35.71% were good, and 50% were enough.  Concept mastery, in the hight level group 75.00% were excellent and 25.00% were good; in the intermediate level group 26.68% were excelent, 69.59% were good, and 4.35% were enought; in the low level group 7.14% were excellent, 35.72% were good and 57.14% were enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem solving dalam menganalisis keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design.  Analisis data menggunakan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelompokan pada kelompok tinggi 87,50% berkriteria sangat baik dan 12.50% baik; pada kelompok sedang 34,78% sangat baik dan 64,22% baik; pada kelompok rendah 14,29% sangat baik, 35,71% baik, dan 50% cukup.  Penguasaan konsep pada kelompok tinggi 75% berkriteria sangat baik dan 25% baik; pada kelompok sedang 26,68% sangat baik, 69,59% baik, dan 4,35% cukup; pada kelompok rendah 7,14% b sangat baik,35,72% baik dan 57,14% cukup.

Kata kunci : kelompok kognitif, keterampilan mengelompokkan, penguasaan konsep, problem solving


Full Text:

PDF

References


Andriyani, Yuri. 2012. Efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid Pada Siswa Kelas XII IPA 2 SMA YP Unila Bandar Lampung TP 2011-2012. (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah . BSNP. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Dila, Ria Marthan. 2012. Peningkatan Menjawab Pertanyaan Dalam Keterampilan Dan Kelarutan Kelarutan Produk Konsep dengan Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan Kimia UNILA. Vol 2012 Nomor 1. Diakses 25 Mei 2013 Dari: http://fkip.unila.ac.id/ojs/data/journals/18/vol2012No1Des2012/RiaMarthanDila0643023029.docx.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Lidiawati. 2011. Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Koloid pada Kelas XI IPA SMAN 1 Abung Semuli TP 2010-2011. (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung

Nasution, S. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi aksara. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.