PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI ANIMASI DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP

Nanik Susanti Pravitasari, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning with animation media to improve concluding skill and concept mastery. The po­pu­lation is the first grade students of SMA Yadika Bandar Lampung on Academic Year 2012-2013. By using pur­po­sive sampling technique, it is obtained that X3 and X5 as the sample class. The research method used is quasi experimental method Non­-equivalent Control Group Design with data analysis n-Gain average and diffe­rent test of two average. The result shows that n-Gain average of concluding skill from control class and experiment class are 0,47 and 0,43 ; and n-Gain ave­rage of concept mastery from control class and experiment class are 0,19 and 0,27. Based on the different test of two average, it is obtained that problem sol­ving learning with animation media is effective to improve concluding skill and concept mastery.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem sol­ving disertai media animasi da­lam meningkat­kan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan kon­sep. Popu­lasinya seluruh siswa kelas X  SMA Ya­dika Bandar Lam­pung Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan menggunakan teknik pur­po­sive sampling diper­o­leh X3 dan X5 sebagai sam­pel. Pe­nelitian ini meng­­gunakan metode kuasi eks­perimen Non­equivalent Control Group Design dengan analisis data rata-rata n-Gain dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjuk­kan rata-rata n-Gain keterampilan me­nyim­­pulkan kelas kontrol dan kelas eksperi­men berturut-turut 0,47 dan  0,43; dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eks­perimen berturut-turut 0,19 dan 0,27. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh pembe­la­jaran problem solving disertai media ani­masi efek­­tif meningkatkan keteram­pilan menyim­pulkan dan penguasaan kon­sep.

Kata kunci: keterampilan menyimpulkan, media animasi, model pembelajaran problem solving, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z dan Adhi Setiyawan. 2011. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Skripba. Jakarta

Basori, H. 2011. Model Kegiatan Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Konsep Cahaya untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 5 No.3. UPI. Bandung

Bismilah’36. 2010. Problem Solving. Tersedia: http://www.bismilah36.wordpress.com

Burke, K.A., Greenbowe, dan Windschitl. 1998. Developing and Using Conceptual Computer Animations for Chemistry Instruction. J. Of Chemical. 75: 1658. Tersedia: http://www.library.uq.edu.au

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Dzamarah, B.S. dan A. Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Hamzah, M.F. 2012. Inovasi Pembelajaran dengan Media Animasi. Tersedia:http://www.Fauzihamzahmuhamad.blogspot.com

Karen, 2012. Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Tersedia:http://www.weblogask.blogspot.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.