PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Ni Made Purnama Rini, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


The objective of this research was to describe the effectiveness of learning model of problem solving which was effective in increasing of classifying and concluding skill in the subject of non-electrolyte and electrolyte. The samples of this research were the students of SMA Persada Bandar Lampung class X3 and X4 at even semester year of 2012-2013. This research used quasi experiment method by Non Equivalent (Pretest and Posttest) control group design. The result of this research showed the average of classifying skill n-Gain for control class and experimental class were 0,39 and 0.68 and the average of concluding skill n-Gain for control class and experimental class were 0,46 and 0,66. Based on hypothesis testing, it was known that the class which used learning of problem solving had higher classifying and concluding skill than the class which used conventional learning. It showed that learning of problem solving was effective in increasing the classifying and concluding skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMA Persada Bandar Lampung kelas X3 dan kelas X4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design..Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,39 dan 0,68 dan rerata n-Gain keterampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,46 dan 0,66. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan.

Kata kunci: keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan, pembelajaran, problem solving.


Full Text:

PDF

References


Arends. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Djamarah, B.S. dan A. Zein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Lidiawati. 2011. Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Koloid (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung.

Semiawan, Cony. 1992. Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.