Development of Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Instruments for Measuring Students’ Misconceptions in Chemical Bonding
Abstract
Keywords: three-tier multiple choice, misconception, chemical bond.
Abstrak: Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat dalam mengukur miskonsepsi siswa pada materi ikatan kimia dan untuk mengetahui hasil pengukuran miskonsepsi menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Rantau Selatan pada bulan Juli 2021 – Februari 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Rantau Selatan yang tidak mencapai nilai KKM pada materi ikatan kimia. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan dua kali uji coba. Kesimpulan dari penelitian adalah instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat yang telah dikembangkan memenuhi karakteristik substansi instrumen untuk mengukur miskonsepsi pada materi ikatan kimia, validitas tes menunjukkan hasil bahwa terdapat 20 pertanyaan valid dan 20 pertanyaan tidak valid. . Uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabilitas sebesar 0,84. Hasil pengukuran adalah terdapat 40,3% siswa yang mengalami miskonsepsi. Untuk kategori tidak paham konsep terdapat 57,3% siswa dan kategori paham konsep ada 2,4% siswa.
Kata kunci: pilihan ganda tiga tingkat, miskonsepsi, ikatan kimia.
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Hammer,D. (1996). Miscoception or P-Prims: How May Alternative Perpective of Cognitive Structure Influence Intructional Perceptions and Intensions?. The Journal of The Learning Science, (5)2:97-127.
Hasan, S., Diola B., & Ella L. K. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294 – 299.
Mubarak,S., Susilaningsih, E & Cahyono,E. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peseta Didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education,5(2):101-110.
Molenda, M. (2003). In search of the ellusive ADDIE model. Pervormance improvement, 42 (5), 34-36. Submitted for publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technology: An Encyclopedia.
Purwanto,. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, A., Enawati, E., & Erlina. (2014). Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak Pada Materi Ikatan Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia : FKIP UNTAN.
Silitonga,P.M., (2014). Statistik : Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: FMIPA Unimed
Refbacks
- There are currently no refbacks.