PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Ria Afriyanti, Chansyanah Diawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research is intended to describe the effectiveness of guided inquiry learning model applied in acid and alkali subject to improve categorizing skill and competency achievement.  This research used Pre-experimental method by one-group pretest-posttest designThe subjects of this research are the second semester students of class XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung in academic year 2012-2013. The effectiveness of guided inquiry learning model showed by the increase of pretest and posttest scores that can be seen by the n-Gain value based on the result of the teaching learning process.  The result showed n-Gain value of categorizing skill and competency achievement is 0,61 and 0,54, whereas the percentage of achievement of categorizing skill and competency achievement have reached KKM 82,75% and 75,86%.  It can be conclude that guided inquiry learning model applied in acid and alkali effective in improving categorizing skill and competency achievement in medium criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi.  Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan one-group pretest-posttest designSubjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013.  Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai n-Gain dan ketuntasan hasil belajar.  Hasil penelitian menunjukkan nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi 0,61 dan 0,54, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi mencapai KKM 82,75% dan 75,86%.  Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi dengan kriteria sedang.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, pencapaian kompetensi.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Nuh, U. 2010. Fisika SMA Online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Diakses 03 Februari 2012 dari http://fisikasmaonline.blogspot.com/2010/03/keterampilan-proses-sains.html1.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Semiawan, C. 1992. Pendidikan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Mumi Aksara. Jakarta.

Wicaksono. 2008. Efektivitas pembelajaran. http. Edukasi. kompas.com/2010/12/25/ efek-tivitas/pembelajaran.html. tanggal akses: 27-01-2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.