PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai n-Gain dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi 0,61 dan 0,54, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi mencapai KKM 82,75% dan 75,86%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi dengan kriteria sedang.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, pencapaian kompetensi.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Nuh, U. 2010. Fisika SMA Online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Diakses 03 Februari 2012 dari http://fisikasmaonline.blogspot.com/2010/03/keterampilan-proses-sains.html1.
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Semiawan, C. 1992. Pendidikan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.
Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Mumi Aksara. Jakarta.
Wicaksono. 2008. Efektivitas pembelajaran. http. Edukasi. kompas.com/2010/12/25/ efek-tivitas/pembelajaran.html. tanggal akses: 27-01-2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.