PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengkomunikasi-kan dan penguasaan konsep pada materi asam-basa melalui model Learning Cycle 5E. Pe-nelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kotaagung, Tanggamus dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 sebagai sampel. Peningkat-an keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,81 dan 0,71; serta re-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,68 dan 0,45. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep.
Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran Learning Cycle 5E, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Tidak diterbitkan. Bandung.
Fajaroh dan Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learn-ing Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.
Fitriani, D. 2009. Penerapan Model Sik-lus Belajar Empiris-Induktif (SBEI) Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Laju Reaksi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandar Lampung.
Liliasari. 2007. Scientific Concepts and Generic Science Skills Relationship In The 21st Century Science Education. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education., 27 October 2007. Bandung.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.