Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Elannia Rahma Ningrum, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of the guided discovery learning model on chemical equilibrium material in improving students problem solving skills. This study used a quasi-experimental method with the matching-only pretest-posttest control group design. The population in this study was all students of class XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo, East Lampung in 2019/2020 Academic Year. The sample in this study was class XI MIA 1 as experimental class and class XI MIA 5 as control class. Based on the results of the study it can be concluded that the guided discovery learning model is effective in improving students’ problem solving skills in chemical equilibrium material.

Keywords: chemical equilibrium, problem solving abilities, learning models guided discovery

Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan the matching-only pretes-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Kata kunci: kesetimbangan kimia, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran guided discovery



Full Text:

PDF

References


Guritno, T. A. M. R., Masykuri, M., & Ashadi. 2015. Pembelajaran Kimia melalui Model Pemecahan Masalah dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar dan Sikap Ilmiah. Jurnal : FKIP UNS. 4(2):1-9.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1):64-74.

Haryono. 2017. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2017. 425-436. Unnes. Banjarmasin, 15 November.

Heller, P. & Hollabaugh. 1992. Teaching Problem Solving Through Cooperative Grouping. Part 1: Group versus individual problem solving. American Journal of Physics. 60(70):627-635.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T.S. 2017. Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia. 1(2):127-133.

Karnawati, D. 2017. Revolusi industri, 75% jenis pekerjaan akan hilang. https:// ekbis.sindonews.c/read /1183599/34/Revolusi-industri-75-jenispekerjaan- akan-hilang-1488169341. Diakses pada 18 November 2019.

Kasali, R. 2017. Meluruskan Pemahaman soal Disruption. https://ekoNomi.kompas.com/read/2017/05/05/073000626/meluruskan.pemahaman.soal.disruption Diakses pada November 2019

Mayer, R.E. 2004. Should three be a three-strikes rule againts pure. the american psychological association. American Psychologist Journal. 59(1):14-19.

Mukminan. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. 1-10. Unesa. Surabaya, 27 November.

Noor, M & Jamaluddin. 2017. Characteristics of Critical Thinking Skills Instruments in Digital Game: Factor Analysis. Man In India. 97(12):41-51.

Nurdalillah, E. S. & Dian, A. 2012. Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKAM. 6(2):109-119.

Osman, K., Hiong, L.C., & Vebrianto, R. 2013. 21st Century Biology An Interdisciplinary Approach of Biology, Technology, and Mathematics Education. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. 1(2):188-194.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Bandung.

Sudjana. 2005 . Metode Statistika. Tarsito Tarsito, Bandung.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Kontemporer. JICA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Trilling, B. & Fedal, C. 2009. 21St Century Skills, Leaening for Life in Our Times. Jossey-Bass, San Fransisco.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Universitas Negeri Malang, Malang.

Zubaidah, S. 2017. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilam yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Kalimantan Barat, 10 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.