Analisis soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam UN Kimia SMA tahun 2017/2018 dan 2018/2019
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adi, W.G., 2004. Genius Learning Strategy, Petunjuk praktis untuk menerapkan Accelerated Learning. Gramedia Pustaka, Jakarta.
Fanani, M.Z., 2018. Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 2(1), 57-76.
Hasanah, U., Danaryanti, A., Suryaningsih, Y., 2019. Analisis Soal Ujian Nasional Matematika SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Ditinjau dari Aspek Berpikir Tingkat Tinggi. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1), 51-62.
Jazuli, M., Wardani, S., 2015. Pengembangan alat evaluasi IPA terpadu topik perubahan materi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Science Education Journal 4(2), 912-918.
Lailly, N.R., Wisudawati, A.W., 2015. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia 11(11), 27-39.
Machali, I., 2014. Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam 3(1), 71-94.
Muchtar, H., 2010. Penerapan penilaian autentik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur 14(9), 68-76.
Munandar, U., 1999. Munandar, U., 1999. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Jakarta.
Saputra, H., 2016. Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). Smile's, Bandung.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., Pudjiastuti, A., 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Sukmadinata, N.S., 2012. Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Syahida, A., Irwandi, D., 2015. Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada soal ujian nasional kimia. EDUSAINS 7(1), 77-87.
Syarifah, T.J., Usodo, B., Riyadi, R., 2018. Higher order thinking (HOT) problems to develop critical thinking ability and student self efficacy in learning mathematics primary schools. Jurnal: Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 1(1), 917—925.
Widana, I.W., 2017. Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.