Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Terpadu Tipe Connected Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Luluk Wahyuning Okfitasari, M V Roesminingsih, Suhanadji Suhanadji

Abstract


This study aims to produce an Integrated Type of Student Worksheet (LKPD) based on a scientific approach that is feasible to use, practically implemented, and effective to improve social learning outcomes for fourth grade elementary school students with 10 steps, namely (1) Identifying learning objectives (2 ) Conduct learning analysis (3) Analyze student character and learning context (4) Formulate specific learning objectives (5) Develop assessment instruments (6) Develop teaching strategies (7) Develop and select teaching materials (8) Design and develop formative evaluations (9 ) Revising learning (10) Designing and developing summative evaluations. To reveal the feasibility of LKPD, a validation sheet instrument was used on two validators and individual student trials and small groups. To express practicality, the observation sheet of the implementation of learning and student activation is used in field trials. As well as to reveal the effectiveness of the learning assessment sheet instrument used in field trials.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun.2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:Rosdakarya.

Anitah, Sri. 2003. Pembelajaran Terpadu Implemetasi, Implementasi Paradigma Konstruktivistik dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Ganda. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Arikunto, Suharsimi.2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Depdiknas.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dick, W. And Carey, L. 1985. The Systematic Design of Instruction (2nd Ed). Glecview, Illionis: Scot, Foresman and Company.

Dimyati, Jhoni. 2016. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful, B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayanti, Nurul. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 03 (02) 25-29.

Hosnan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

I Wayan Subagia. Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Sinta2.ristekdikti.go.id: Jurnal Pendidikan Ganesha Indonesia.

Machin, A. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Sinta2.ristekdikti.go.id : Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 57 Tahun 2014 Tentang Implementasi Kurikulum.

Piaget, J. (1983). “Piaget Theory of Cognitive Development”. In P. Mussen (ed). Handbook of Child Psychology. 4th edition. Vol.1. New York: Wiley.

Prabowo, 2000. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam pada seminar lokakarya Jurusan Fisika FMIPA. Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI).

Prasetyo, Zuhdan Kun, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahayuningsih, Dwi Indah. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA.

Riduwan.2011. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3). Yogyakarta: Alfabeta.

Robin. 1991. The Mindfil School How to Integrated The Curicula. Palatine Illinoise. Skylight Publishing, Inc.

Rusman.2017. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep Pembelajaran. Rosda: Bandung.

Sa’ud, Udin Syaefuddin, dkk. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bnadung:UPI Press.

Slavin, Robert E., 1994. Educational Psychology Theory: Theoryand Practice Fouth Edition. Massachusetts: allyn and bacon publishers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sundayana.2013. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana.2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono, Agus.2017. Developing Learning History as Emancipatory Education.

America: American Scientific Publishers.

Syaefudin, Udin.2006. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tema 7 Indahnya keanekaragaman di Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Revisi 2017.

Trianto.2018. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Yogyakarta:

Lencana

Trianto.2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.