Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi kimia dan Penguasaan Konsep Mahasiswa FKIP Universitas Lampung

Ratu Betta Rudibyani, Galuh Catur Wisnu Prabowo

Abstract


Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan proses pembelajaran yang titik awalnya berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata, lalu dengan masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya (prior knowledge) sehingga dari prior knowledge ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Kemampuan literasi kimia merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia melalui penerapan PBM pada materi Kimia Pemisahan Analitik.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one group pretest-postest design.  Sampel penelitian adalah mahasiswa semester lima yang mengambil mata kuliah Kimia Pemisahan Analitik (dua kelas), tahun Akademik 2018-2019.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBM memiliki kepraktisan dan keefektivan yang sangat tinggi dalam meningkatkan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa.  Peningkatan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa ditunjukkan dari rerata n-Gain setelah PBM yang berkategori sedang. Hasil perhitungan ukuran pengaruh menunjukkan bahwa 90% peningkatan literasi kimia dan penguasaan konsep mahasiswa pada materi kimia pemisahan analitik dipengaruhi oleh PBM

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Assriyanto, K.E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3): 89-97.

Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dincer, S. (2015). Effec of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-118.

Erik S. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa. Journal of Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2):80-87.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill. New York.

Hake, R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-schoo physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics edication, research conference, N0.2, pp. 30-45.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.