Validitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa

Anggie Bagoes Kurniawan, Rusly Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa yang ditinjau dari kelayakan permainan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dilakukan hingga tahap uji coba terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sidoarjo dan dilakukan uji coba terbatas kepada 33 peserta didik di kelas XI MIPA 2. Kelayakan permainan berbasis android zuper abase ditinjau dari aspek validitas. Validitas ini didapatkan dari validasi 2 orang dosen kimia dan 1 guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan zuper abase yang dikembangkan layak sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan persentase validitas isi sebesar 86,11% dan persentase validasi konstruk sebesar 88,89%.

Full Text:

PDF

References


Borg, W. R. & Gall, M. D., 2003. Educational Research: An Introduction Seventh Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Chuang, T. Y. & Chen, W. F., 2007. Effect of Digital Games on Children's Cognitive Achievement. Journal of Multimedia, pp. 27-30.

Jatmiko, B. B., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA (tesis), Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemp, J.E. & Dayton, D.K., 1985. Planning and Producing Instructional Media. New York: Cambridge: Harper & Row Publishers.

Mohamad, M., Woollard, J. & Maringe, F., 2012. Mobile Learning in Malaysian Schools: Opportunities and Challenges of introducing teaching through mobile phones. International Journal for e-Learning Security, pp. 133-137.

Prasetyo, Y. D. & Irwanto, 2015. Utilization Effectivenes of Chemistry Instructional Media to Improve Self Regulated Learning and Learning Outcomes of High School Student. Yogyakarta, The 1st International Seminar on Chemical Education.

Riduwan, 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, D. A. N. K., Rosdiana, L. & Purnomo, A. R., 2019. Validitas Pengembangan Permainan Bingo untuk meningkatkan Pemahaman Konsep. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, Volume 7, pp. 394-397.

Statcounter, 2019. Statcounter. [Online]

Available at: https://gs.statcounter.com/os-version-market-share/windows/desktop/indonesia#monthly-201809-201909-bar

Suyanti, R. D., 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trilling & Fadel, 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. USA: Jossey Bass.

Wahyuni, S. & Hidayah, R., 2016. Pengembangan Permainan Chem Quartet sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education, pp. 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.