Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa

Aditio Danardono, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research  aims to describe the effectiveness of learning using e-book to improve
metacognition skills and students’ concepts mastery in acid-base titration.
The research
method used in this study was quasi-experimental with pretest-posttest control group
design
The effectiveness of e-book was measured using a significant average n-Gain
value
between control class and experiment class metacognition skills and students’
concepts mastery.
 The result of the hypothesis shows the average value of n-Gain
metacognition skills and students’ concepts mastery using e-book
are significant
differences with
the average value of n-Gain which does not use e-book.  The Conclusion
of this research,
learning using e-book was effective in increasing metacognition skills
and students’ concepts mastery in acid base titration.  The result of effect size show
s
that
metacognition skills and students’ concepts mastery are influenced by learning
using e-book.

 

Keywords: e-book, metacognition, concept mastery, acid base titration


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design.  Efektivitas media e-book diukur menggunakan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen keterampilan metakognisi maupun penguasaan konsep siswa.  Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan media e-book berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai n-Gain yang tidak menggunakan media e-book.  Maka penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa dapat ditingkatkan secara efektif dengan pembelajaran menggunakan media e-book.  Keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pada pembelajaran dengan media e-book.

 

Kata kunci: e-book, metakognisi, penguasaan konsep, titrasi asam basa


Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Danial, M. (2016). Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi, dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3).

Daniel, M., Sulviana, dan Yusminah H. (2018). Penerapan Media Buku Elektronik Biologi untuk Meningkatkan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Siswa XI IPA 1 SMAN 5 Sidrap. Tesis. Program S2 Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Dunning, D. (2003). Why People Fail to Recognize Their Own Incompetence. Current Directions in Psychological Science. 12 (3): 83-87

Fathan, Fitria, Liliasari, Rohman, dan Ijang. (2013). Pembelajaran kesetimbangan kimia dengan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia.1(1).

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, and Hyun H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill, New York

Hake, R. R. (2002). Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High-School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. In Submitted To The Physics Education Research Conference Boise, Id.

Jahjouh, Y. M. A. (2014). The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press, Jakarta.

Nugent, G. (1982). Picture,Audio, ang Print; Symbolic Representation and Effect Learning Educational Comunication and Technology. Journal 30.163-174

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014. Kemendikbud, Jakarta.

Rahayu, T. (2013). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa k elas XI IPA 1 SMA Negeri 18 Surabaya pada materi Titrasi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. (Skripsi) tidak dipublikasikan. UNESA. Surabaya.

Rohmah, Y. S. (2016). Efektivitas Penggunaan E-Book Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sadiah, Y. (2008). Network Glossary for Beginners. Universitas Teknologi Mara, Sah Alam.

Setiawan, P.A. (2011). Efektifvitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelompok kan dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Asam-Basa. (Skripsi) tidak diterbitkan.

Silaban, B. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampu an Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20(1): 65-75.

Sugianto, H. (2013). Penerapan Model Kontektual Berbantuan Multimedia untuk Meningkat kan Penguasaan Konsep dan Literasi Sains Siswa pada Materi Fluida di SMA kelas IX IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1): 1-7.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. (2009). Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Journal Pendidikan MIPA, 10(2): 9-18.

Wijayanti, S., Fadiawati, N., dan Tania, L. (2015). Pengembang an E-book Interaktif Kesetimbangan Kimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 4(2): 105-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.