Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah

Ayu Rahmawati, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


Abstract

This research is aimed to describe students' collaborative skills of waste cooking oil recycling project-based learning. The method used is a weak experimental design with the one-shot case study. The population of this research was the students in grade XI MIA at one of the senior high school in Bandar Lampung. The research sample was students of class XI MIA 6, which was obtained by purposive sampling technique. The data in this research collected by non-test instruments in the form of an observation sheet. The results was contributing actively indicators 68.88% well categorized, working productively indicators is 74.95% categorized well, flexibilities and compromise indicators is 80.73% categorized very well, the indicators of improving the project is 78.88% categorized as good, the indicators of showing an attitude of respect is 89.18% very well categorized and the indicators showing responsibility is 90% very well categorized.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berkolaborasi siswa pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah (PBPDUMJ). Metode penelitian yang digunakan weak eksperimental dengan desain the one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel penelitiannya siswa kelas XI MIA 6, diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen nontes berupa lembar observasi. Hasil penelitian indikator berkontribusi secara aktif sebesar 68,88% berkatagori baik, indikator bekerja secara produktif sebesar 74,95% berkatagori baik, indikator menunjukkan fleksibilitas dan kompromi sebesar 80,73% berkatagori sangat baik, indikator mengelola proyek dengan baik sebesar 78,88% berkatagori baik, indikator menunjukkan sikap menghargai sebesar 89.18% berkatagori sangat baik dan indikator menunjukkan tanggungjawab sebesar 90% berkatagori sangat baik.


Kata kunci: keterampilan berkolaborasi, daur ulang minyak jelantah, pembelajaran berbasis proyek


Full Text:

PDF

References


Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5 (1): 1-13.

Anshori, H. (2017). Penurunan Kadar Bilangan Peroksida Pada Minyak Jelantah Menggunakan Serbuk Brokoli 10% b/v (Brassica Oleracea L. Var Italica) Berdasarkan Variasi Lama Waktu Perendaman. Undergraduate thesis. Semarang: Universitas Muhammadiyah.

Arifin, Z. (2015). Perilaku Remaja Pengguna Gadget Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Journal Pemikiran Keislaman, 26(2): 5.

Baser, D.,Yazar,. O., & Hasan, K. (2017). Collaborative project-based learning: an integrative science and technological education project. Research in Science & Technological Education, 35(2): 131-148.

Buck Institute for Education. (2013). Collaboration Rubric Diakses dari https://my.pblworks.org/resource/document/6_12_collaboration_rubricccss_aligned

Clark, A. C.& Ernst, J. V. (2007). A Model for The Integration of Science, Technology, Engineering and Mathematics. The Technology Teacher, 66(4): 24-26.

Diawati, Liliasari, Setiabudi, & Buchari. (2018). Students’ Construction of a Simple Steam Distillation Apparatusand Developmentof Creative Thinking Skills: A Project-Based Learning. American Institute of Physics, USA. 1848

Diawati, Liliasari, Setiabudi, & Buchari.(2017).Using Project-Based Learning To Design, Build, and Test Student-Made Photometer by Measuring the Unknown Concentration of Colored Substances. Jurnal of Chemical Education, 95(3): 468-475.

Fanker, K. (2007). Collaboration Rubric. Diunduh dari http://www.hscdsb.on.ca pada tanggal 14 Januari 2019.

Fraenkel, J. R. & Wallen. N.E. (2006). How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Istoyono, Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1): 1–12.

Ketaren S. (2008). Minyak dan Lemak Pangan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kusnadi, Harahap, & Rohendi. (2018). Studi Potensi Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Minyak Jelantah Di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kusumadewi. (2018).Empirisme. Jurnal Pedidikan. 5(24). (Online), (https://books .google.co.id/books? id=2y6DDwAAQBAJ&pg=PA54&lpg), diakses 26 Januari 2019

Le, H., Jeroen, J.,& Theo.,W. (2017). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal Of Education, 48(1): 110.

Nursyifa, A. (2018). Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi pada Anak dalam Era Digital. Proceeding of Community Development, 2: 649.

Permana, Muhartono, Ramadhian & Hanriko. (2017). Pengaruh Pemberian Minyak Jelantah Terhadap Gambaran Histopatologi Hepar pada Tikus Putih (Rattus Norve Gicus) Jantan Galur.Sprague Dawley. (Skripsi) Lampung: Universitas Lampung.

Redhana. I. (2015). Menyiapkan Lulusan Fmipa yang Menguasai Kete¬ram-pilan Abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSH, 5: 141.

Saenab, Yunus & Virninda. (2017). PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. (Skripsi) Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Sari. K. Arum., Zuhdan. Prasetyo, H., & Setiyo. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan VII. Komunikasi Peserta Didik Kelas Jurnal pendidikan dan Sains, 6(8): 7.

Subarkah. M. Abdillah. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr, 15(1): 125.

Sugiono, M. (2005). Globalisasi, Global Governance dan Prospek Governance di Dunia Ketiga. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(30): 249.

Suhartono. (2001). Minyak Goreng Bekas Sebagai Bio-Diesel Melalui Proses Transestrifikasi. Prosiding Seminar Nasional “Kejuangan”. Yogyakarta: Teknik Kimia.

Tama, D. Mutri. (2018). Proses Pembuatan Lagu Anak Melalui Metode Tadasa Sesuai Dengan Kecakapan Abad-21. Bandung: Universitas Pasundan.

Thomas, J.W. (2000). The Promise of Project Based Learning, Focus and Basic A Review of Research on Problem Based Learning.Journal.Knowledge in Action, 2(3): 134.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, 1(3): 209-215.

Warsono, H. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Kanjuruhan Malang: Seminar Nasional 2016, 1: 263-278.

Wicaksana, Wardono & Ridlo. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Membuat tauran: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1: 418.

Winarno, H. (2010). Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Y, Permanasari, A., Redjeki. S., & Sopandi, W,. (2017). Application of Model Project Based Learning on Integrated Science in Water Pollution. Journal of Physics: Conference Series, 298(1): 1.

Yulita. E, Fadiawati. N., & Diawati. C. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Cairan Pemutih dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. (Skripsi) Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zaroni, A., & Rusniati. (2015). Globalisasi dan Implikasinya Bagi Negara Berkembang:Telaah Pendekatan Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1): 1-22.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Universitas Negeri Malang, Malang, 10 Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.