PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 3E

Eka Fitriana, Ratu Betta Rudibyani, Ila Rosilawati

Abstract


The objective of this research was to describe the effectiveness of LC 3E model in improving the concept mastery in the subject of non electrolyte and electrolyte solution. The subject in this study were all students of the class X3 and X4SMA Negeri 1 Bukit Kemuning. Method is a quasi-experimental study with non Equivalent (pretest and posttest) the Control Group Design.  The results showed that the percentage of mastery learning and mastery of the concept of n-Gain achieve KKM is 85.71% and n-Gain of 0.54 (medium category).  The average n-Gain of the concept mastery 0.54. Conclusion This study shows that the model 3E LC on material non electrolyte solutions and electrolyte effective in improving students' mastery of the concept.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model LC 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit.  Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X3 dan X4 SMA Negeri 1 Bukit Kemuning.  Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar dan n-Gain penguasaan konsep mencapai KKM yaitu 85,71% dan n-Gain sebesar 0,54 (kategori sedang).  Nilai rerata n-Gain penguasaan konsep 0,54.  N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.  Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model LC 3E pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep.

Kata kunci:  model LC 3E, larutan non elektrolit dan elektrolit, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Fajaroh, F dan Dasna, I.W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Hudojo, H. 2001. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. Makalah

Semlok Konstruktivisme sebagai Rangkaian Kegiatan Piloting JICA. FMIPA UM.

Juliantara, K. 2009. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/pendekatan-pembelajaran-konvensional.

Kauchack, D.P., dan Eggen, P.D. 1998. Learning and Teaching: Research-Based Methods 3rd edition. Allyn and Bacon. Boston. Diakses tanggal 5 Oktober 2012

Priyanto dan Harnoko.1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.

Sagala, S. 2010 . Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung

Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. SIC. Surabaya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.

Suparno, P.2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Warsita. 2008. Efektivitas Perangkat Pembelajaran. http://id.shvoong.com/ social-sciences/education/2198130-efektivitas-perangkat-pembelajaran. Diakses tanggal 5 Oktober 2012.

Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. Diakses tanggal 5 oktober 2012 http://agung.smkn1pml.sch.id/wordpress/?p=119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.