PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 3E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model LC 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X3 dan X4 SMA Negeri 1 Bukit Kemuning. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar dan n-Gain penguasaan konsep mencapai KKM yaitu 85,71% dan n-Gain sebesar 0,54 (kategori sedang). Nilai rerata n-Gain penguasaan konsep 0,54. N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model LC 3E pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep.
Kata kunci: model LC 3E, larutan non elektrolit dan elektrolit, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Fajaroh, F dan Dasna, I.W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.
Hudojo, H. 2001. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. Makalah
Semlok Konstruktivisme sebagai Rangkaian Kegiatan Piloting JICA. FMIPA UM.
Juliantara, K. 2009. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/pendekatan-pembelajaran-konvensional.
Kauchack, D.P., dan Eggen, P.D. 1998. Learning and Teaching: Research-Based Methods 3rd edition. Allyn and Bacon. Boston. Diakses tanggal 5 Oktober 2012
Priyanto dan Harnoko.1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.
Sagala, S. 2010 . Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. SIC. Surabaya.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta.
Suparno, P.2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Warsita. 2008. Efektivitas Perangkat Pembelajaran. http://id.shvoong.com/ social-sciences/education/2198130-efektivitas-perangkat-pembelajaran. Diakses tanggal 5 Oktober 2012.
Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed). 5 April 2008. Diakses tanggal 5 oktober 2012 http://agung.smkn1pml.sch.id/wordpress/?p=119.
Refbacks
- There are currently no refbacks.