EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Elda Rani Safitri, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This study aims to describe the POGIL model in improving students' critical thinking skills in electrolyte and non electrolyte solution topic. The population of this research was all tenth grade of science students and the sample used in this study was class X IPA 2 as the control class and X IPA 4 as the experimental class obtained through purposive sampling technique. The method is quasi experiment with Pretest-Posttest Control Group Design. Data analysis used independent sample t-test that is to used Mann-Whitney U. The results showed that the average n-gain of the critical thinking skills of the experimental class students was higher than the average n-gain of critical thinking skills of the control class students. The concluded in this research POGIL model was effective to improve critical thingking skills in electrolyte and non electrolyte Solution topic.

Keywords : critical thinking skills, electrolyte and non electrolyte solution, POGIL model.

 

Penelitian ini bertujuan untuk men­deskripsikan efektivitas model POGIL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang di­peroleh melalui teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi ekspe­rimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit, model POGIL.



Full Text:

PDF

References


Dzikrina, A.S., dan Harun, N. 2018. Implementasi Model Pembelajaran POGIL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Krtitis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA N 18 Surabaya. Journal of Chemistry Education, 7: 250-256.

Ennis, R. H. 1989. Critical Thinking. Urbana-Campaign: University of Illinois.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1): 64-74.

Hanib, M.T. 2017. Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 2(1): 22-31.

Husnidar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika UNSYAH, 1(1): 71-81.

Malik, A. 2017. Penerapan Model POGIL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPPPS, 3(2): 127-135.

Rosidah. 2013. Keefektifan Pembelajaran POGIL Berbantu Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Peluang. Jurnal Kreano Jurusan Matematika FMIPA Unnes Indonesia, 4(1): 26-32.

Smith, V.G dan Szymanski, A. 2013. Critical Thingking More Than Test Scores. NCPEA Internasional Journal Of Education Leadership Preparation, 8(2): 16-26.

Subarkah, C.Z dan Winayah, A. 2015. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui POGIL. Jurnal pengajar MIPA, 20(1): 48-52.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Refresentasi (Model SiMayang). Bandar Lampung: Aura Printing And Publishing.

Syafaati, D.A dan Nasrudin, H. 2018. Implementasi POGIL untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa. UNSJ, 7(3): 250-256.

Widyaningrum, P.S. 2016. Keefektifan Pembelajaran Model POGIL berbantu Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Bangsa Siswa kelas VIII. UJME. 5(3): 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.