ANALISIS KETERAMPILAN MENJAWAB PERTANYAAN DAN MENYIMPULKAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Ria Okta Rini, Ila Rosilawati, Chansyanah Diawati

Abstract


This research aimed to describe the  skills of students in answering questions and draw conclusions on the electrolyte and nonelectrolyte matery through the application of Problem Based Learning for students cognitive groups of high, intermediate and low level group.  The subjects were students of class X1 SMA Negeri 1 Sidomulyo Academic Year 2012/2013. This research used the pre-experimental method  with a one-shot case study design.  It was a descriptive research. The results showed that the skills of answering questions in high level group: half were excellent, and the other half good. Intermediate level group almost entirely were less.  Low level group almost half were enough, half were less.  The skills of draw conclusions in high level group entirely were very good. Intermediate level group, almost entirely were excellent, and just small part were good and enough. Low level group almost entirely were very good and just small part of the remaining were enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan men­jawab pertanyaan dan menarik kesimpulan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui penerapan model Problem Based Learning untuk siswa kelompok kognitif tinggi,sedang dan rendah.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Sidomulyo Tahun Ajaran 2012/2013.  Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study.  Analisis data menggunakan analisis deskriptif .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menjawab pertanyaan pada kelompok tinggi separuhnya berkriteria sangat baik, dan baik.  Kelompok sedang, hampir seluruhnya berkriteria kurang.  Kelompok rendah hampir separuhnya berkriteria cukup, separuhnya berkriteria kurang.  Keterampilan menarik kesimpulan pada kelompok tinggi seluruhnya berkriteria sangat baik.  Kelompok sedang, hampir seluruhnya berkriteria sangat baik,dan sebagian kecil berkriteria baik dan cukup.  Kelompok rendah hampir seluruhnya berkriteria sangat baik dan sebagian kecil sisanya berkriteria cukup.

Kata kunci: problem based learning, kelompok kognitif , keterampilan menjawab pertanyaan menarik kesimpulan.


Full Text:

PDF

References


Amien, M. 1987. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)dengan Meggunakan Metode Discovery Inquiry. DEPDIKBUD. Jakarta. Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Gustini, N. 2010. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Pengaruh Ion Senama dan pH Terhadap Kelarutan dengan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Skripsi. Diakses tanggal 2 Oktober 2012 dari http://repository.upi. edu/operator/upload/s_d0451_0606857.pdf

Nurfatimah, A. 2010. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa (skripsi). Diakses 26 Oktober 2010 dari http://repository. upi.edu/skripsiview.php?no_skrip

Sari, D.D. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman.skripsi. tidak dipublikasikan.

Winarni, E.W. 2006. Inovasi dalam Pembel

ajaran IPA. FKIP Press.Bengkulu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.