PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGINDUKSI DAN MEMPERTIMBANGKAN HASIL INDUKSI DENGAN PROBLEM SOLVING

I Gede Hermawan, Chansyanah Diawati, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The purpose of this research is to describe the effectiveness of the problem solving  learning model on the reaction rate concept in improving induces skill and consider the results of induction which includes  conclude accordance with the facts skill and conclude the results of investigate. The effectiveness of problem solving is measured on the difference n-Gain that significantly between experiment class and control classes.This Research using  a quasi experiment method with a nonequivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling. The population in this research is all of the  students class XI IPA of SMAN 7 Bandar Lampungin odd semester in the year of 2012-2013. The results showed that the problem solving model learning is effective increases conclude according the facts skill and conclude from the results investigate in the reaction rate concept.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki.  Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur dengan per-bedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan  nonequivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem solvingefektif dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi yang meliputi keterampilan menarik kesimpulan sesuai fakta dan menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki pada materi laju reaksi.

Kata kunci : keterampilan menginduksi, laju reaksi, model pembelajaran problem  solving


Full Text:

PDF

References


Atika, Y. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Skripsi. FKIP. Unila. Bandar Lampung.

Costa, A. L. 1985. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Association for Supervision and Curriculum Development. Virginia.

Ennis, R. 1985. Critical Thinking. Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Panen, P.D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu.2001. Konstruk-tivisme dalam Pembelajaran. Dikti. Jakarta.

Saputra, A. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Prediksi Siswa SMA Kelas XI IPA Pada Materi Pokok Asam-Basa. (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito.Bandung.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.