Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Termokimia

Feriyanda Putratama, Tasviri Efkar, Emmawaty Sofya

Abstract


This research purpose is to describ the experimental method effect in increasing critical thinking skills and thermochemistry concept mastery. This research is used quasi eksperimental method with pretest-posttest non equivalent control group design. The population of the research are XI science student from one of high school grade in Bandar Lampung. The Sampling used is cluster random sampling method obtained from XI science 5 as experimental class and XI science 7 as control class. The effectiveness of learning is by n-Gain average of critical thinking skills and thermochemistry concept mastery, and also supported with the effect size test, when n-Gain in experiment class higher than n-Gain in control class. The result of effec size test show the experimental class is 0,92 including in “big” category.  Based on that result, we can conclude that the experimental method effective in increasing critical thinking skills and students concept mastery on thermochemistry.

Keyword : experiment method, critical thinking skills, concept mastery, thermochemistry.             

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 sebagai kelas kontrol.  Pengaruh metode eksperimen ditunjukan dengan n-Gain rata-rata keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep termokimia, serta didukung uji ukuran pengaruh, dengan n-Gain pada kelas ekperimen lebih tinggi daripada n-Gain siswa di kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahawa metode eksperimen berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia.

Kata kunci: metode eksperimen, keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, termokimia


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S, et al. 2009. Strategi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional: Diljen Dikti.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Peng-ajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Anonim (1). 2016 Math Student Achivement Infographic Grade 4. TIMSS 2015. Diakses dari http://timss2015.org/download-center. Diakses pada 31 juli 2018.

Anonim.(2). 2013. Konsep –Konsep Pendekatan Scientific pada Proses Pembelajaran. Kemendikbud, Jakarta.

Anonim (3). 2007. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem pendidikan Nasional) UU RI No. 20 tahun 2003 dan undang-undang Guru dan dosen UU RI Nomor 14 tahun 2005, Jakarta.

Anitah, S. et al., 2007. Strategi Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.

Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Kimia. UNAIR, Surabaya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains.Depdiknas, Jakarta.

Costa, A.L. and Presseisen, B.Z., 1985. Glossary of Thinking Skill, in A.L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria, ASCD.

Creswell, J. W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Thrid Edition. Sage Publications. United States of America..

Dahar, R. W. 2003. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga,Bandung.

Dahar, R. W. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Gava Media, Yogyakarta.

Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif.Prestasi Pustaka, Jakarta.

Firdani, A. I., dan Poedjiastoeti, S. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berorientasi Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2): 262-271.

Gracias, W., Fadiawati, N., & Tania, L. 2017. Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pemisahan Campuran Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6 (1), 101-115.

Gurría, A. 2013. PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. pada tanggal 2 Juli 2018.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia, Bogor.

Hake, R. R. 2002,. Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics education research conference (No. 2), pp. 30-45.

Jamaluddin., Nur E. 2016 Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Sains Siswa Kelas VI Tiroang Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, 1 (4) : 11-18

Joyce, B. and Weil, M. 1972. Models of teaching. englewood cliffs. N.J, Prantice hall.

Kawuwung, F. 2011. Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, Dan Kemaempuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMP Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal El-Hayah, 1(4): 78-82.

Liliasari. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mengembangkan Keterampilan Generic Sains dan Berpikir Tingkat Pelajar. UPI, Bandung.

Machin, A. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. dan Perkembangan Manusia. Jurnal Pendidikan IPA. 3 (1): 30-35

Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Meidayanti, R., Sunyono, dan Tania, L. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self Efikasi dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (1): 856-867.

Prasetyowati, E. N., dan Suyatno. 2016. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), 1(1): 67-74.

Puspita, I. K., and Suwarma, I. R. 2017. Analysis of Critical Thinking Skills on The Topic of Static Fluid. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 895: 1-4.

Redhana, I. W., dan Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA. Forum Kependidikan, 27(2): 103-112.

Roestiyah N.K. 2001 Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Roestiyah N.K 1994. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. PT. Rieneka Cipta, Jakarta.

Sagala, S. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.CV. Alfabeta., Bandung.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara, PT. Jakarta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi 3. Salemba Humanika, Jakarta.

Schoenherr, P. 2003. Strategi Pembelajaran Sains. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Stiggins. 1994. Pengertian Motivasi. Akar Ilmu, Jakarta.

Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudibyo B. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Jakarta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sunyono. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya : tidak dipublikasikan.

Syaiful B., Djamarah dan Aswan Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.