Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Representasi Kimia pada Materi Asam Basa

Rizka Puspita, M Setyarini, Ila Rosilawati

Abstract


This research aimsto develop student worksheets based chemical representation and describe its characteristics and validity as well as the teachers’ and students’ responses to the product student worksheets on acid base topic. This research used Borg and Gall design of research and development with only focused on the first five stage. Research data were analyzed using descriptive statistics analysis. The expert validation showed that the average percentage on content suitability, construction, and readability aspects were 87%, 88%, and 92,86%, respectively with very high criteria. The teachers’ responses on suitability, construction, and readability aspects were 90%, 90%, and 88,57%, respectively with very high criteria. While students’ responses on readability and attractiveness were 87% and 89%, respectively with very high criteria. Based on these results, student worksheets based chemical representation on acid base topic by this research is valid and worthy as sources of learning. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis representasi kimia dan mendeskripsikan karakteristik, validitas, serta tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dengan hanya berfokus pada lima tahap pertama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 87%, 88%, 92,86% dengan kriteria sangat tinggi.  Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berturut-turut sebesar 90%, 90%, dan 88,57% dengan kriteria sangat tinggi. Tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan berturut-turut sebesar 87% dan 89% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, LKS berbasis representasi kimia pada materi asam basa yang dihasilkan dari penelitian ini valid dan layak digunakan sebagai media belajar.

Kata kunci: representasi kimia, lembar kerja siswa, asam basa



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

................ 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Yogyakarta.

Chittleborough, G. D & Treagust D.F. 2007. The Modeling Ability of Non-Major Chemistry Students and Their Understanding of the Sub-Microscopic Level. Chemistry Education Research and Practice, 8, (3), 274-292.

Jannah, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Representasi Kimia pada Materi Interaksi Antar Partikel. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Kimia. Kemendikbud, Jakarta.

Lestari, N.D. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Motode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Media Animasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI Semester Ganjil SMK Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3, (1), 44-50.

Rizkiana, F. 2016. Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan, 1, (3), 354-362

Puspa, N.W. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Representasi Kimia pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi. Media Akademi, Yogyakarta.

Susanto, H., Suyatno, & Madlazim. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis multiple Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 4 (2), 572-578.

Tasker, R & Dalton, R. 2008. Visualizing the Molecular World-Design, Evaluation, and Use of Animations. Dalam J.K Gilbert (Eds), Visualization: Theory and Practice in Science Education. Springer, USA. p. 103-131

Treagust, D.F., Chittleborough, G., & Mamiala, T.L. 2003. The Role of Submicroscopic and Symbolic Representations in Chemical Explanations. International Journal of Science Education, 25 (11), 1354.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.