Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit

Dewi Yuliana, Ratu Betta Rudibiyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of students worksheets in improving concept mastery on electrolyte/non electrolyte topic. This research used quasi experimental method with Non Equivalent (pretest-posttest) Control Group Design. The Population in this research were students of class X MIA A and X MIA B at MA Al-Fatah Natar for 2017-2018 academic years. The sample in this research were students of class X MIA A and X MIA B that was taken by total sampling technique. The instruments in this research were students worksheets based on multiple representation and conventional, pretest-postest questions, and activity assessment sheets and teachers skills in managing learning. n-Gain test were used as data analysis technique. The results showed that any different between experiment class and control class. Based on them, student worksheet based on multiple representation was effective to increase concept mastery on electrolyte/ non electrolyte topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis multipel representasi dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Eqiuvalent (pretest-posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA A dan X MIA B di MA Al-Fatah Natar tahun pelajaran 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA A dan X MIA B yang diperoleh melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS berbasis multipel representasi dan konvensional, soal pretes-postes, serta lembar penilaian aktivitas siswa dan lmbar penilaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Berdasarkan hal tersebut, LKS berbasis multipel representasi efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata kunci: elektrolit non elektrolit, LKS, multipel representasi, penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Aniodoh, H. C. O. dan Egbo, J. J. 2013. Effect of Gender on Student Achievement in Chemistry Using Inquiry Role in Instructional Model. Journal of Educational and Social Research. 3 (6): 17-21.

Ardiyanti, Y. 2011. Penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terbuka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Chang, M. and Gilbert, J.K. 2009. Towards a Better Utilization of Diagram in Researc Into the Us of Representative Levels in Chemical Education. Model and Modeling in Science Education., Multiple Representations in Chemical Educations. Springer Science Business Media B. V. 55-73.

Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning Higher Education, 17 (2): 160-166.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: Mc Grow-Hill.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74.

Hananto, R.A. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi Dengan Model SiMaYang Tipe II Untuk Menumbuhkan Model Mental Dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung. Tidak dipubikasikan.

Hananto, R.A. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi Dengan Model SiMaYang Tipe II Untuk Menumbuhkan Model Mental Dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Kimia 4(1): 131-142

Hubber, P. Tyler, R. and Haslam, F. 2010. Teaching and Learning about Force with a Representational Focus: Pedagogy and Tacher Change. Journal of Research in Science Edcation. 40(1): 5-88.

Rohaeti, E., Widjajanti, E. dan Padmaningrum, R.T. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan. 10 (1): 1-11.

Sari, Y.S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 34-46.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT.Trasito.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono, 2012. Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (SiMaYang) dalam Membangun Model Mental Pebelajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Hal. 486 - 495.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Sunyono. 2015. Model pembelajaran Multipel Representasi, Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Sunyono, L. Yuanita, dan M.Ibrahim. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International 26 (2): 104-125

Syamsuri, M.M.F., 2011. Pembelajaran Materi Kesetimbangan Kimia Melalui Representasi Makroskopis dan Mikroskopis pada Siswa SMA Kelas XI IPA Tahun 2011-2012. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung. Tidak dipublikasikan.

Tim Penyusun. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatf - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Widjajanti, 2010. Kualitas Lembar Kerja Siswa.disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal 22 Agustus 2008. Diakses dari http:// staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf

Winarti, T. dan Nurhayati, S. 2014. Pembelajaran Praktikum Ber-orientasi Proyek untuk Meningkat-kan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2): 1409-1420

Yanto, R. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Makroskopis- Mikroskopis-Simbolik pada Materi Ikatan Kimia. [On Line]. Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/1511-/pdf. Diakses pukul 07.16 tanggal 01 Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.