Efektivitas LKS Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan KPS Ditinjau dari Gender

Nandha Ervina, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of buffer solution student worksheets based on dicovery learning to impove the SPS related to gender. The method of the research was quasi experimental with 2x2 factorial design. The population was students of grade XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung on academic year 2016-2017 with the 11th of science 2 and 11th of science 4 as sample that which was obtained by using purposive sampling technique. Instruments used were students worksheets based discovery learning and conventional, pretest and postest question. The statistical analysis used two ways ANOVA, t test and t test. The research result showed that there was no relation between learn using student worksheets and gender to SPS, student worksheets on learning using was effective to improve the SPS, male student SPSs was lower than female student SPSs that used student worksheets based on discovery learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS larutan penyangga berbasis discovery learning untuk meningkatkan KPS ditinjau dari gender. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung T.P 2016-2017 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah LKS berbasis discovery learning dan konvensional, soal pretes dan postes. Analisis statistik menggunakan uji ANOVA two ways, uji t dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dan gender terhadap KPS, pembelajaran menggunakan LKS efektif untuk meningkatkan KPS, dan KPS siswa laki-laki yang menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih rendah daripada siswa perempuan yang menggunakan LKS berbasis discovery learning.

Kata kunci: gender, KPS, larutan penyangga, LKS

Full Text:

PDF

References


Aniodoh, H. C. O. dan Egbo, J. J 2013. Effect of Gender on Students Achievement in Chemistry Using Inquiry Role in Instructional Model. Journal of Educational and Social Research. 3(6): 17-21.

Aziz, N., Abdurahman, dan Wayan. S. 2016. Pengaruh Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas lampung.

Bosede, A.F. 2010. Influence of sex and location on relationship between students problems and academic performance. Journal of The social science, 5(4): 340-345.

Chaplin, J.P., dan Kartono, K. 1989. Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ergul, R., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Sirin, G., and Sanli, M. 2011. The Effect Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Studentss Science Process Skill and Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy Education, 5(1): 48-68.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. F., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Hake, R. R. 2002. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. Of Physics, Indiana University. Woodland Hills.

Haryono, Y., Fadiawati, N., & Tania, L. 2017. Keterampilan Proses Sains Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Interaksi Lks Dan Gender. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Kimia, 5(3): 1-14.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia.

Hening, T. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Jannah, M., dan Sifak I. 2015. Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanasan Global. Pendidikan Sains, 3(3): 1.

Jegede, S. A. 2007. Student ? nxiety towards the learning of chemistry in some Nigerian secondary schools. Journal of Educational Research and Review, 2(7): 193-197.

Kaymakcy, S. 2012. A Review of Studies on Worksheet in Turkey. Journal of US-China Education,1: 57-60.

Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Ter-bimbing Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1): 88-95.

Nbina, J. B. and Wagbara O. S. 2012. Relationship between some effective factors and students performance in secondary school chemistry in Rivers State, Nigeria. Journal of Africa Contemporary Research, 7 (1): 19-24.

Manzoor, A.K. 2009. Teaching of heat and temperature by hypothetical inquiry approach: A sample of Inquiry teaching. Journal Of Pysics Teacher Education Online, 5(2): 43-64.

Oktafianto, W. R. 2014. Kefektifan Pembelajaran Praktikum Ipa Berbantu LKS Discovery Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Physics Education Journal, 3(1): 1-7.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Pendidikan Ganesha, 2(1): 1-11.

Senam, A.R., Permanasari, L., dan Suharto. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia Untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Berbasis Life Skill. Jurnal Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 9(3): 280-290.

Sukawati, D.T. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga Dalam Meningkatkan Keterampilan Menggelompokkan Dan Mengkomunikasikan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sumarna, A. 2013. Perubahan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas XI Berdasarkan Gender Pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Teks Perubahan Konseptual. Skipsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Taslidere, E. 2013. The Effect of Concept Cartoon Worksheets on Students Conceptual Understandings of Geometrical Optics. Education and Science, 38(167): 144-161.

Tim penyusun. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta. Kemendikbud.

Veloo, A. 2013. Gender and Ethnicity Differences Manifested in Chemistry Achievement and Self-Regulated Learning. Journal of International Education Studies, 8(8): 1-12.

Wahyudi. 2011. Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Inkuiri dan Eksperimen ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Listrik. Tesis PPS UNS: tidak diterbitkan.

Wardani, F. K. 2014. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing Ditinjau Dari Gender (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Teras Tahun 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Zubaidah, S, S. Mahanal, L. Yuliati dan D. Sigit. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.