Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pemisahan Campuran

Yustina Retno Kusuma Wardani, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to enhance students science process skills and students scientific attitudes on mixtures separation topic. The method used was quasi experiment by using the matching only pretest-posttest control group design. The population of this reasearch was all of seventh grader students of SMPN 22 Bandarlampung 2016-2017 with class VIIB and VIID as sample. Samples was done by purposive sampling technique. The effectiveness of scientific approach was determined by the enhancement of n-gain value of students science process skills which were tested statistically by using t-test and the enhancement of scientific attitudes. The results showed that implementation of scientific approach was effective to enhance students science process skills and scientific attitudes in the learning of mixtures separation topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2016-2017 dengan kelas VIIB dan VIID sebagai sampel. Pengambilan sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Efektivitas pendekatan saintifik ditentukan dari peningkatan n-gain keterampilan proses sains siswa yang diuji secara statistik dengan uji t dan peningkatan sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, sikap ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, C., Parris,J., Lie, R., Guzdar,A., Tour, E. 2015. Critical Analysis of Primary Literature in a Masters Level Class: Effects on Self Efficacy and Science Process Skills. Journal Sciences Education. Vol 14: 1-13.

Abungu, H.E.O., Okere,M.I.O., Wachangan. S.W. 2014. Effect of Science Process Skills Teaching Strategy on Boy and Girls Achivment in Chemistry in Nyando District Kenya. Journal of Education and Practice.5(15): 1-8.

Adeyemo, S.A., 2009.Understanding and Acquisition of Entrepreneurial skills: A pedagogical Reorientation for class room Teachers in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6(3): 56-64.

Adi G, N.P.,Lasmawan, I.W., dan Sadia, I.W. 2014. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Seting Inquiri dengan Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Proses Sainsdan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4): 1-10.

Amelia, D dan Syahmawati. 2015. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Materi Redoks pada Siswa Kelas X MS SMA Negri 2 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. 6(2): 32-39.

Anggara,P.N., Kadaritna. N., Sofyan. E. 2015. Efektivitas Pendekat-an Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan. 4(2): 631-643.

Asabe, M.B and Yusuf, S.D,. 2016. Effects Of Science Process Skills Approach And Lecture Method On Academic Achievement Of Pre-Service Chemistry Teachers In Kaduna State, Nigeria. Journal Of Science, Technology & Education (Joste). 4(2): 68-72.

Aydede Y, M. N. 2016. The Effect Of Active Learning Based Science Camp Activities On Primary School Students Opinions Towards Scientific Knowledge and Scientific Process Skills. International Electronic Journal of Environmental Education. 6(2): 108-125.

Darminto. 2012. Upaya Peningkatan Pemahaman Struktur Atom dengan Metode Pemecahan Masalah Berbantuan Komputer. Jurnal Dinamika 3(2): 25-38.

Dewi, P.S dan Rochintaniawati, D. 2016. Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Global Warming. Jurnal Pendidikan. 8(1): 18-26.

Dina, A., V.D, Mawarsari., R, Suprapto. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Semarang 2(1): 39-44.

Etikasari, M., Rosilawati.I.,Tania.L. 2015.Efektivitas Pendekatan Ilmiah Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Mengorganisasikan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan. 4(1): 1-14.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Eduspot Edisi 10 (Maret-Juni), hal 89.

Fadiawati, N dan.Fauzi S, M.M. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Fraenkel, J.R.,Wallen, N.E., Hyun, H.H. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: McGrawHill.

Fauziah, R., Abdullah ,A.G., Hakim, D.L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektrolit Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kimia. 9(2): 165-178.

Gultepe, N dan Kilic, Z. 2015. Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. Journal of Environmental &Science education. 10(1): 111-132.

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1): 64-74.

Hartono, E., Kusmayadi, T.A., dan Riyadi. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Tipe Think-Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Pendidikan. 7(4): 704-719.

Johnson, B.A. 2016. Impact of Prior Exposure to Laboratory Apparatus on Acquisition of Procces Skills and Academic Performance in Chemistry at Secondary Schools in GIWA Zone Nigeria. American Journal of Educational Research. 4(12): 903-906.

Karamustafaoglu, S. 2011. Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teacher Using I Diagram. Journal of Physics and Chemistry Education. 3(1): 26-38.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan. 3(1): 28-35.

Marjan, J., Arnyana, I., Setiawan, I. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 4: 22-36.

Mullis, I.V. et all. 2012. TIMSS 2011 Assesment Framework. Chestnutt Hill; TIMSS & PIRLS International Study Center.

OECD.2016.PISA Result in Focus. Diakses di oecd.org.

Ozdemir G., dan Dikici,A. 2017. Relationship Between Science Process Skills and Scientific Creativity: Mediating Role of Nature of Science Knowledge. Journal of Education in Science, Environment and Health. 3(1): 51-68.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2013. Pendekatan Scientific(Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

TIMSS dan PIRLS. 2016. International Result Report. (Online), (http: org/timss-2015 /science/student achievement/), diakses 21 Desember 2016.

Wijayanti, T.S dan Harini, E. 2014. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Group Investigagation. Jurnal Pendidikan Matematika UNION 2(1): 55-60.

Wahyuningrum, S dan Sunyono. 2013. Pola Pergeseran Konsepsi Siswa Pada Struktur Atom Setelah Pembelajaran dengan Strategi Pogil. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (1): 43-50.

Yakar, Z. 2013. Effect of Teacher Education on Science Process Skills of PreService Science Teacher. Journal Educational Research and Reviews. 9(1) : 17-23.

Yunita, R.D., Rosilawati,I., Tania, L. 2015. Efektivitas Pendekatan Ilmiah Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(1): 1-15.

Zeitoun, S dan Hajo, Z. 2015. Investigating the Science Process Skills in Cycle 3 National Science Textbooks in Lebanon. American Journal of Education Research. 3(3): 268-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.