Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa

Ekha Oktharia, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofia

Abstract


This research was conducted to describe characteristics, teachers responses and students' responses to the knowledge assessment on topic of electrolyte and non electrolyte solution to measure mastery of student concept. This research method was a research and development. The research phase begun with designing and making of initial draft based on the results of literature studies and studies with teachers and students respondents. Next step was development of assessment and validated by an expert with the category results strongly agree. Then initial field trials to determine teacher and students responses at Xth IPA 2 SMAN 13 Bandarlampung to assessments developed. Characteristics of the developed assessment included the aspects of legibility, construction, and conformity of material content. Results of teacher and student responses fall into strongly agree category. Conclusions of this research showed that the assessment instrument was good and can be used for teachers to conduct an evaluation at the end of chemistry learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap instrumen asesmen pengetahuan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk mengukur penguasaan konsep siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian diawali dengan perancangan dan pembuatan draf awal berdasarkan hasil studi pustaka dan studi lapangan dengan responden guru dan siswa. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan asesmen dan divalidiasi oleh seorang ahli dengan hasil kategori sangat setuju. Selanjutnya dilakukan uji coba lapangan awal untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 13 Bandarlampung terhadap asesmen yang dikembangkan. Karakteristik asesmen yang dikembangkan meliputi aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi materi. Hasil tanggapan guru dan siswa termasuk kedalam kategori sangat setuju. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen sudah baik dan dapat digunakan bagi guru untuk melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran kimia.

Kata kunci: asesmen, larutan elektrolit dan non elektrolit, penguasaan konsep

Full Text:

PDF

References


Adams, W. K., and Wieman C. E. 2011. Development and validation of instruments to measure learning of expert?like thinking. International Journal of Science Education, 33 (9): 1289-1312.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ashford-Rowe, K., Herrington J., and Brown C. 2014. Establishing the critical elements that determine authentic assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 39 (2): 205-222.

Asmalia, I., Fadiawati N., dan Kadaritna N. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 52-64.

Baehaki, F., Kadaritna N., dan Rosilawati I. 2014. Pengembangan Instrumen Assessment Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3 (1): 114.

Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator,. 17 (2): 7-14.

Djanuarsih, E. 2012. Validitas dan Reliabilitas Butir Soal. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol 1: 1-12.

Francisco, J. S., Nakhleh, M. B., Nurrenbern, S. C., and Miller, M. 2002. Assessing student understanding of general chemistry with concept mapping. J. Chem. Educ., 79 (2): 248-257.

Khan, M.U.Z. dan Badr, M.A. 2011. Evaluation of Modified Essay Questions and Multiple Choice Questions as a Tool For Assessing the Conitive Skills of Undergraduate Medical Students. International Journal of Health Sciences, Qassim University, 1 (5): 39-43.

Kusaeri dan Suprananto, 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lin, H. S., and Cheng H. J. 2000. The assessment of students and teachers' understanding of gas laws. J. Chem. Educ., 77 (2): 235-238.

Matondang, Z. 2009. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6 (1): 87-97.

Ramadhania, N. S., Rosilawati I., dan Fadiawati N. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Kognitif Sifat Koligatif Larutan Elektrolit Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (1): 167-178.

Samosir, T., Diawati C., dan Kadaritna K. 2012. Development Assesment Of Acid Base Based On Science Process Skill. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1 (2): 114.

Septiani, D., dan Sumarni W. 2014. Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2): 1340-1350.

Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remedial Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.

Syaifuddin, A., Fadiawati N., dan Rosilawati I. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3 (2): 1 14.

Uno, H. B. dan Satria K. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yustika, A., Susatyo E. B., dan Nuswowati M. 2014. Uji Kriteria Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2): 13301339.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.