EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR MATERI ELEKTROLIT/ NON-ELEKTROLIT

Emanuella Ayu Pratisa, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was conducted to describe the effectiveness of POE learning model in improving the fluent thinking ability on the electrolyte and non-electrolyte solution topic. The sampling was performed by purposive technique with all of student on X grade SMA Negeri 1 Sukoharjo as population. The research samples were X MIA 3 dan X MIA 4 at even semester of academic year 2015-2016. This research used quasi-experimental method with Non Equivalent Control Group Design. This research concluded that POE learning model was effective in improving of students fluent thinking ability on the electrolyte and non-electrolyte solution subject.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 115 siswa Tahun Ajaran 2015-2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 4 semester genap Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model pembelajaran POE.

Full Text:

PDF

References


Andalan, M., Fadiawati, N., dan Kadaritna, N. 2013. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 2(3): 1-11

Anisa, D. N., Masykuri, M., dan Yamtinah,S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explanation) Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam, Basa Dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal, 2(2): 16-23.

Ardhana. W., Kaluge, L., dan Purwanto. 2004. Pembelajaran Inovatif untuk Pemahaman dalam Belajar Matematika dan Sains di SD, SLTP, dan SMU. Laporan Penelitian Hibah Pasca Angkatan II, Tahun Pertama, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications

Indrawati dan Setiawan W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Indriana, V., Arsyad, N., dan Mulbar, U. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Jurnal, 3(1): 51-62

Johnstone, A. H. and Kevin H. O. 2005. Concept Mapping in Problem Based Learning: a cautionary tale. Journal of Royal Society of Chemistry, 7(2), 84-95.

Kearney, M., Treagust, D. F., Yeo, S., and Zadnik, M. G. 2001. Student and Teacher Perceptions of the Use of Multimedia Supported PredictObserveExplain Tasks to Probe Understanding. Journal Researh In Science Education, 31, 589-615.

Khathanvy, H. and Yuenyong, C. 2009. The Grade Students Mental Model Of Force And Motion Through Predict ObserveExplain (POE)Strategy. Thailand: Khon Kaen University

Liew, C. & Treagust, D.F. 1995. A predict-observe-explain teaching sequence for learning about students understanding of heat and expansion of liquids. Australian Science Teachers Journal, 41(1), 68-71.

Zain, A. 2010. Improving Students Attitudes Toward Science Using Instructional Congruence. Journal of Science and Mathematics, 33, 39-64.

Mergendoller, J R., Maxwell, N.L., and Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem-Based Intruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiscriplinary Journal of Problem Based Learning. 1(2): 1-69.

Munandar, S. C. U. 1992. Kreativitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ozgelen, S. 2012. Students Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. In Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Tersedia di http://www.enjmse.-com/v8n4/EURASIA_v8n4_Ozgelen.pdf [diakses 3 Desember 2015]

Rahayu, E., Susanto, H., dan Yulianti, D. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011): 106-110.

Restami, M. P., Suma, K., dan Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemaha-man Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Thesis. e-Journal Program Pascasarjana. Program Studi IPA. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sari, M. M. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Menyim-pulkan Siswa Kelas X. Skripsi. Bandarlampung: Fakultas KIP. Universitas Lampung.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Suleman, F. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Teknik POE Terhadap Hasil Belajar Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Kabila (Studi Penelitian Eksperimen Pada Siswa Di Kelas X Sma Negeri 1 Kabila). Jurnal Pendidikan Kimia 3(1)

Sunyono. 2014a. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Suyanto, Y. P., Susanto, H., dan Linuwih, S. 2012. Efektifitas Penggunaan Strategi Predict, Observe, and Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Skripsi. S


Refbacks

  • There are currently no refbacks.