HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan perhatian orangtua dan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar geografi, (2) hubungan perhatian orangtua dengan prestasi belajar geografi, (3) hubungan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar geografi. Penelitian menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 siswa kelas XIPS, denganjumlah sampel 102 siswa yang diperoleh menggunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orangtua dan manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar geografi, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar geografi, (3) ada hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar geografi.
Kata kunci: prestasi belajar, perhatian orangtua, manajemen waktu belajar
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Endang Sri dan Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid 1. Jakarta: Grasindo.
Dembo, Myron H. 2007. Motivation And Learning Strategies For Collage Success (A Self-ManagementApproach) Third Edition. New York: Taylor and Francis Group.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Membangun Swadaya Nusantara.
Mangkuatmodjo, Soegyarto. 1997. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Silalahi, Karlinawati. 2010. Keluarga Indonesia Aspek Dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajawali
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i5.10246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEX JOURNAL









