PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dedi Lazwardi, Sultan Djasmi, Sumadi Sumadi

Abstract


The problem in this research is how the description and influence of principal supervision and leadership to the teachers performance in junior high school. This study is an ex post facto quantitative descriptive approach. The results show that (1) There is positive and significant correlation between the principal supervision and performance of teachers by 86, 2%.(2) There is positive and significant correlation between the principal leadership and teacher performance by 76%. (3) There is positive and significant correlation between the principal supervision and leadership to performance of teachers by 90, 2%.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran dan pengaruh supervisi kepala sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 86,2%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 76%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 90,2%.

Kata kunci:  kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, supervisi


Full Text:

PDF

References


Anwar, Idochi & Yayat Hidayat Amir. 2000. Administrasi Pendidikan, Teori, Konsep & Issu. Bandung : Bumi Siliwangi

Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2004, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar

Mulyasa, E, 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mulyasa, E, 2009, Penelitian Tindakan Madrasah, Meningkatkan Produktivitas Madrasah, Bandung : ROSDA

Nawawi, Hadari, 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia : Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Pidarta, Made. 1988. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara 10

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahman dkk, 2006. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor. Alqaprint.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Erlangga, Jakarta

Sugiyono, 2005. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suranta, Sri. 2002. Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisnis. Jurnal Empirika. Vol 15. No 2. Hal: 116-138.

Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta, Grasindo

Thoha, Miftah, 2006. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan kepala sekolah : tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta. Rayagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.