Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Systematic Literature Review

Alif Luthvi Azizah, Wayan Tiadilona

Abstract


Abstrak: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Kepemimpinan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Guru memiliki peran penting dalam pendidikan. Kinerja guru pun perlu ditingkatkan. kepala sekolah memainkan peran penting dalam membentuk sekolah, terutama dalam mendorong tingkat kemandirian kelembagaan yang lebih tinggi. Tujuan dari penulisan artikel ini menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) jenis descriptive review. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari artikel ilmiah nasional dalam rentang tahun 2019 hingga 2023. Basis data yang digunakan yaitu Google Scholar. Kata kunci yang digunakan yaitu, kepala sekolah, kepemimpinan, kinerja guru. Hasil dari penelitian ini adalah: Hasil reviu menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah secara positif dapat meningkatkan kinerja guru melalui fungsi manajemen yang tepat, aplikasi gaya kepemimpinan yang sesuai dan juga pemberian motivasi kepada guru. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, adanya keterbatasan metode yang dilakukan dalam studi yang dilakukan dan juga perlunya pengembangan keilmuan yang signifikan untuk studi lebih lanjut dalam bidang kepemimpinan kepala sekolah.

 

Kata kunci:  kepala sekolah, kepemimpinan, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Ade Kurnia, Abd. Basit, Anis Setiyanti, Ayuhan. 2021. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 5(2): 26–53.

Agustin, Maulid. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Studi dan Pendidikan Agama Islam 1(1): 11–17.

Amiruddin, Nurdin, Moh. Ali. 2021. “Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students’ Learning Interest.” International Journal of Contemporary Islamic Education 3(1): 41–61.

Angelina, Jihan Mevia, and Karwanto. 2021. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 09(01): 24–36. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38327.

Firdiansyah Alhabsyi, Sagaf S. Pettalongi, & Wandi Wandi. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Jayasari.” Jurnal Global Futuristik 1(1): 21–26.

Fitria, Happy Fitria, Alfroki Martha. 2020. “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Honorer.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 1(1): 85–89.

Hanafiah, Berliana, Margono. 2023. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIS Ash-Sholatiyyah Lasem.” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 2(2): 194–99.

Kholil, Muhammad Ma’shum, and Karwanto. 2014. “Peran Kepemimpinan Demokrasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Sosio e-KONS 6(1): 30–40. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38431.

M. Rio Harits Ikhsandi, Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 5(4): 2199–2208.

Mukhadasin, M, and Aos Kuswandi. 2020. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru: Kasus Di SDIT Cahaya Sunnah Cileungsi Bogor.” Sukma: Jurnal Pendidikan 4(1): 73–88.

Munawar, Munawar, and Jalaluddin Jalaluddin. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri 3 Bireuen.” JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian 2(2): 14–21.

Nur, H. M., Fatonah, N. 2022. “Paradigma Kompetensi Guru.” Jurnal PGSD UNIGA 1(1): 12–16.

Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=d7VsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kinerja+guru&ots=gqxoa8HhT-&sig=kIB57w2Z7anJseT60gRToVWhXdc&redir_esc=y#v=onepage&q=kinerja guru&f=false.

Pierce, J. R., & Aguinis, H. 2013. “The Too-Much-of-a-Good-Thing Effect in Management.” Journal of Management 39(2): 330.

Rosadi, Imron. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK Nu Al-Itqon Cimerak.” Sosiosaintika 1(1): 46–50.

Schott, Carina, Henrico van Roekel, and Lars G. Tummers. 2020. “Teacher Leadership: A Systematic Review, Methodological Quality Assessment and Conceptual Framework.” Educational Research Review 31(March): 100352. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100352.

Setiyadi, Bradley, and Viona Rosalina. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 75–84.

Seyedeh Mahsa Talebizadeh, Rezvan Hosseingholizadeh, Mehmet Şükrü Bellibaş. 2021. “Nalyzing the Relationship between Principals’ Learning-Centered Leadership and Teacher Professional Learning: The Mediation Role of Trust and Knowledge Sharing Behavior.” Studies in Educational Evaluation 68. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0191491X20302182.

Supriadi, Herdiana Mulia, Supyan Sauri, and Suharyanto H. Soro. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di SMPN 3 Dan SMPN 33 Kota Bandung.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(3): 705–13.

Suryadhiningrat, Raden Fitri Karina, Tjutju Yuniarsih, and Janah Sojanah. 2022. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 7(2): 164–74.

Tamimi, Muhizan, Budi Eko Soetjipto, Sopiah Sopiah, and Dediek Tri Kurniawan. 2022. “Budaya Organisasi Dan Kinerja Karyawan.” Husnayain Business Review 2(2): 11–21.

Tri Ulfa, Ardika Adiputra Ramadhansyah. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik 1(1): 11–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.