PENGARUH UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK
Abstract
The purpose of this research is to explain how the influence of UU No. 23 Tahun 2002 concerning the protection of children against teachers patterns educate in SMPN 1 Padangratu Central Lampung 2013. Method used in this research is descriptive correlational method. The population in this study were all teachers who actively teach in SMPN1 Padangratu. Data analysis using Chi Square. Principal techniques of data collection using questionnaires. The research showed that : (1) UU No. 23 Tahun 2002 on Child Protection dominant in category obeyed with percentage 60.97%. (2) Teachers patterns educate tend to democratic category with the percentage of 56.09%. (3) There is a positive influence , significant, and high categories of closeness between the influence of UU No. 23 Tahun 2002 on the protection of children against teachers patterns educate, it means getting obeyed UU No. 23 Tahun 2002 on Child Protection increasingly democratic of teachers patterns educate.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap pola didik guru di SMPN 1 Padangratu Kabupaten Lampung Tengah tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang aktif mengajar di SMPN 1 Padangratu. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dominan pada kategori dipatuhi dengan presentase 60,97% (2) pola didik guru cenderung pada kategori demokratis dengan persentase 56,09% (3) terdapat pengaruh yang positif, signifikan, dan kategori keeratan tinggi antara pengaruh UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak terhadap pola didik guru, artinya semakin dipatuhi UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak semakin demokratis pola didik guru.
Kata kunci: guru, pola didik guru, undang-undang perlindungan anak.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H. Abu, Dkk. 2003. Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Gultom, Maidin. 2010. Perlindungan Hukum Terhadap Anak, dalam sistem pradilan pidana anak di Indonesia. Refika Aditama, Bandung.
Gunarsa & Gunarsa. 1995. Psikologi Praktis : anak, remaja, dan keluarga. Gunung Mulia. Jakarta.
Kasiram, M. 1983. Ilmu Jiwa Perkembangan, Bagian Ilmu Jiwa Anak. Usaha Nasional. Surabaya.
Malino, Jupri.2012. Pengertian Peserta Didik / Siswa,juprimalino.blogspot.com. (Diakses 14 Maret 2013).
Nawawi, Hadari. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Gunung Agung. Jakarta.
Purwanto, Ngalim, 1995. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sobur, Alex. 1991. Komunikasi Orang Tua dan Anak. Angkasa. Bandung.
Soleh, Abdul Rahman, 2012. Pengertian Guru, www.abdulrahmansaleh.com. (Diakses 14 Maret 2013).
Suryabrata. 1994. Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Wadong, Maulana Hassan. 2000. Pengantar Advokasi dan Hukum Perlindungan Anak. Grasindo. Jakarta.
Wusiatulhayat, 2009. Makalah UPKP. wusiatulhayat-pengetahuanku. blogspot. -com. (Diakses 14 Maret 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.