Implementasi Nilai Pancasila dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa di SMA Negeri 4 Bandar Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi nilai Pancasila dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai Pancasila dalam mengembangkan sikap sosial siswa di SMA Negeri 4 Bandar Lampung dilihat dari keterlaksanaan kegiatan di lokasi penelitian. Dimensi nilai Pancasila di sekolah di dukung oleh guru-guru yang telah memberikan contoh yang baik. Dimensi sikap sosial terdapat aktivitas yang didukung oleh fasilitas yang ada di sekolah.
Kata Kunci: implementasi, nilai pancasila, sikap sosial
References
Asmaroni, Puji Ambiro. 2016. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Volume 4. Nomor 2.
Azwar, Syaifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syamsudin, Abin. 1997. Perilaku Sosial Pada Siswa Yang Memiliki Prestasi Akademik Rendah Di Sekolah Dasar. aresearch.upi.edu/operator/upload/s_plb_011661_chapter2(1).Pdf. Diakses Pada 2 Desember 2018
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.